Komunikasi Interpersonal Pemain Game Pubg Mobile Dalam Meningkatkan Strategi Permainan Di Deoxys E-Sports

Authors

  • Nando Darwin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Aditya Dimas Pratama Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.88

Keywords:

Komunikasi interpersonal, PUBG Mobile, Tim E-Sports, DEOXYS E-Sports

Abstract

Tim-tim E-Sports saat ini sudah berkembang pesat di kalangan para gamer. Mulai dari tim E-Sports yang masih baru/amatir sampai tim E-Sports yang sudah profesional. Salah satu tim E-Sports yang berfokus pada game PUBG Mobile adalah DEOXYS E-Sports. Tim ini dibentuk oleh para gamer PUBG Mobile dari Banyuwangi. Walaupun tergolong sebagai tim baru, tetapi tim DEOXYS E-Sports sudah memiliki reputasi permainan yang baik dari tim-tim lain yang pernah scrim bersama mereka. Sehingga, peneliti ingin mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal mereka di dalam tim untuk meningkatkan strategi dalam bermain. Pada penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal oleh Joseph A. Devito. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat proses komunikasi interpersonal yang terjadi antar semua anggota tim DEOXYS E-Sports. Proses tersebut meliputi perkenalan dan pertemanan, media yang digunakan untuk saling berkomunikasi dengan semua anggota tim, komunikasi pada saat main bareng dan scrim, hingga munculnya konflik di dalam tim dan bagaimana cara mereka untuk menyikapi konflik yang muncul tersebut. Untuk membantu komunikasi pada saat berada di dalam game, mereka memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam game PUBG Mobile itu sendiri. Faktor pendukung para anggota dalam bermain antara lain, selalu bermain bersama untuk meningkatkan kekompakan dan komunikasi antar satu tim, memiliki teman main yang satu frekuensi, memanfaatkan fitur-fitur di dalam game PUBG Mobile, dan menciptakan istilah atau kode tertentu. Sedangkan, faktor penghambat yang dialami berasal dari luar, yaitu karena sinyal dan spesifikasi hp

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Ellavie Ichlasa. 2022. “Analisa Industri Esports Di 2021: Faktor Penghambat, Pendukung, Dan Dampak Pandemi.” HYBRID.CO.ID. Retrieved (https://hybrid.co.id/post/analisa-industri-esports-di-2021).

Aulia Firmansyah, Yudi. 2020. “Apa Itu PUBG Mobile.” Esportsnesia. Retrieved July 27, 2023 (https://esportsnesia.com/penting/apa-itu-pubg-mobile/).

Denys, Bennartho. 2022. “Genfos Bagikan Cara ION Esports Atasi Konflik Dalam Tim PUBG Mobile.” REVIVALTV. Retrieved (https://revivaltv.id/news/PUBG/genfos-ion-esports-pubg-mobile).

Effendi, Mukhtar. 1970. “Peranan Internet Sebagai Media Komunikasi.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 3(2):130–42. doi: 10.24090/komunika.v3i2.143.

Habiburrahman, Rafdi Muhammad. 2019. “Esports Dan Ilmu Komunikasi: Mengenal Komunikasi Verbal & Non-Verbal Esports - Part 1.” REVIVALTV. Retrieved (https://revivaltv.id/news/others/mengenal-komunikasi-verbal-dan-non-verbal-esports).

Hadyan, Rezha. 2020. “Lag Saat Bermain Game Online, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya.” BISNIS TEKNO. Retrieved (https://teknologi.bisnis.com/read/20200707/564/1262463/lag-saat-bermain-game-online-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya).

Juariyah, Juariyah. 2018. “Pengalaman Bermain Video Games Sebagai Kegiatan Leisure Class Middle Lower Remaja Kampung Tanoker.” Mediakom 1(2):155–75. doi: 10.32528/mdk.v1i2.1575.

Lestari, Mayang. 2023. “Komunikasi Antarpribadi, Perkembangan Hubungan, Dan Kekuasaan.” TambahPinter.Com. Retrieved July 31, 2023 (https://tambahpinter.com/komunikasi-antarpribadi-perkembangan-hubungan-dan-kekuasaan/).

Ramadhani, Ardi. 2019. “Hubungan Motif Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresivitas Remaja Awal (Studi Kasus Di Warnet Zerowings, Kandela Dan Mutant Di Samarinda).” EJounal Ilmu Komunikasi 1(1):136–58.

Sport, Info. 2022. “Apa Arti Mabar? Istilah Yang Sering Disebut Gamers.” Kumparan.Com. Retrieved (https://kumparan.com/info-sport/apa-arti-mabar-istilah-yang-sering-disebut-gamers-1xbcCnnunaS/full).

Stefanus, Ivander, and Wulan Purnama Sari. 2020. “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dalam Game Online League of Legends.” Koneksi 4(2):331. doi: 10.24912/kn.v4i2.8156.

TRI INDAH KUSUMAWATI. 2016. “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Tri Indah Kusumawati.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 6(2):84.

Watie, Errika Dwi Setya. 2016. “Komunikasi Dan Media Sosial (Communications and Social Media).” Jurnal The Messenger 3(2):69. doi: 10.26623/themessenger.v3i2.270.

Yusuf, Muhammad Fahruddin. 2021. Pengantar Ilmu Komunikasi Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Dan Umum.

Published

2024-03-31

How to Cite

Darwin, N., & Pratama, A. D. (2024). Komunikasi Interpersonal Pemain Game Pubg Mobile Dalam Meningkatkan Strategi Permainan Di Deoxys E-Sports. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.88

Issue

Section

Articles

Categories