Analisis Perkembangan Bahasa Anak dalam Berkomunikasi (Studi pada Anak Usia SD/MI terhadap Perkembangan Bahasa)

Authors

  • Lakna Tulas‘un Institut Karya Mulia Bangsa
  • Isti Winarni SD PTQ An Nida Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i2.1549

Keywords:

anak usia SD/MI, komunikasi, perkembangan bahasa anak

Abstract

Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh banyak faktor, namun faktor yang paling mempengaruhi adalah faktor keluarga dan lingkungan. Orang tua harus pandai mendidik dan mengasuhnya, tetapi tidak semua orang tua peduli akan hal tersebut. Semua itu terjadi karena kesibukan dalam urusan pekerjaan membuat anak kurang mendapatkan hak yang seharusnya didapatkan dari kedua orang tuanya, sehingga tidak sedikit orang tua mengambil jalan pintas menitipkan anak tersebut kepada kakek dan neneknya yang seharusmya tidak lagi berurusan dengan anak yang berusia masih perlu kasih sayang dan perhatian orang tuanya. Tujuan penelitia guna mengetahui perkembangan bahasa anak yang terjadi pada SW dan KN, sebagai anak yang berbeda dengan teman seusianya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yakni 1.) Observasi terstruktur, 2.) Wawancara dan 3.) Triangulasi (gabungan), kemudian hasilnya dideskripsikan sesuai dengan hasil wawancara dan observasi. Hasil akhir analisis kasus tersebut yang disinkkronkan dengan menggunakan teori yaitu : 1.) Berdasarkan kasus SW, ia mengalami keterlambatan berkomunikasi khususnya berbicara yakni pada usia tiga tahun belum dapat berbicara seperti pada anak lainnya. SW hanya dapat menirukan suara musik sesuai dengan tinggi dan rendahnya nada yang dihasilkan dari suara gamelan, namun akhirnya saat duduk dibangku kelas satu Sekolah Dasar, ia mampu memainkan wayang kulit di atas panggung di depan penonton seperti ayahnya yang berprofesi dalang. 2.) Berdasarkan kasus KN, ia mengalami keterlambatan berkomunikasi yakni dalam berbicara pada usia delapan tahun mengalami kesulitan dalam pengucapannya. KN selalu terbolik-balik dalam penyebutan dan penyusunan SPOKnya. Bahkan pada usia tersebut ia masih duduk di bangku kelas satu Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnianti. (2019). Teori perkembangan bahasa. PENSA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial STITPN Lombok NTB, 1, 139–152.

Asriani Taridal, S. P. (2019). E Modul Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 3. https://repositori.kemdikbud.go.id/20420/1/Kelas XII_Biologi_KD 3.1 %282%29.pdf

Faizi, M., & & Irwanto. (2018). Pediatric Clinical Update 2018. Pediatric Clinical Update 2018, 43–44.

Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Kencana.

Jailani, M. S. (2018). Perkembangan Bahasa Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 18(1), 15–26. https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.36

Kuntarto, E. (2017). Memahami konsepsi Psikolinguistik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47–56. https://doi.org/10.33087/JIUBJ.V17I3.401

Mardison, S. (2016). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 123(10), 2176–2181. https://cursa.ihmc.us/rid=1R440PDZR-13G3T80-2W50/4. Pautas-para-evaluar-Estilos-de-Aprendizajes.pdf

Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Setiyawan, R., Nasrullah, D., & Efendi, J. F. (2020). Buku Ajar Pengembangan Bahasa Usia Dini.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sundusiah, S. (2020). SEJARAH PERKEMBANGAN PSIKOLINGUISTIK. Jurnal Psikologi, 1.

Zulfikar, T., & Fathinuddin, M. (2023). Hak Dan Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Berdasarkan Pasal 45 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Journal Evidence Of Law, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.59066/jel.v2i1.230

Published

2025-03-30

How to Cite

Tulas‘un , L., & Winarni, I. (2025). Analisis Perkembangan Bahasa Anak dalam Berkomunikasi (Studi pada Anak Usia SD/MI terhadap Perkembangan Bahasa). Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 4(2), 162–172. https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i2.1549

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.