Peran Ibu Dalam Drama Korea Under The Queen’s Umbrella

Authors

  • Syafina Hadi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Aditya Dimas Pratama Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.75

Keywords:

Peran Ibu, Drama Korea, Under The Queen’s Umbrella, Semiotika Roland Barthes

Abstract

Drama Korea Under The Queen’s Umbrella adalah sebuah drama yang menceritakan peran seorang ibu bagi anak-anak dan juga suaminya. Tokoh utama dalam drama ini adalah Kim Hye Soo yang berperan sebagai seorang Ratu pada era kerajaan Joseon dan juga sebagai seorang ibu dari 5 (lima) orang Pangeran Agung. Meski memiliki kesibukan sebagai seorang Ratu Joseon, namun ia tetap menjalankan perannya sebagai seorang ibu dan istri. Dalam drama ini juga diceritakan ambisi serta usaha seorang ibu untuk melindungi anak-anaknya dan menjadikan anaknya sebagai penerus tahkta yang layak. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk menganalisis drama yang berjudul Under The Queen’s Umbrella ini. Yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah makna denotasi, konotasi, dan mitos tentang peran seorang ibu pada tokoh Ratu. Penelitian ini menggukan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mengacu pada teori semiotika milik Roland Barthes. Hasil yang diperoleh dari penilitian ini dapat disimpulkan bahwa tokoh utama Ratu mampu menjalankan perannya sebagai seorang ibu dan seorang istri yang baik. Serta makna denotasi, konotasi, dan mitos juga digambarkan dengan jelas pada setiap adegan-adegan yang telah dipilih oleh peneliti menjadi unit penelitian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran ibu dalam drama Korea Under The Queen’s Umbrella adalah sebagai seorang pendidik, teladan, panutan, dan sebagai pelindung dengan segala perjuangan dan usaha ibu untuk mendidik dan melindungi anaknya, ibu menjadi sosok yang memiliki kasih sayang yang luar biasa untuk anak-anak dan keluarganya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Ahmad Sudirman. 2009. Mukjizat Doa dan Air Mata Ibu. Jakarta: Qultum Media.

Carolina, R. (2014). Optimalisasi tumbuh kembang anak dalam membangun pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 12(2).

Dewi, R. S. (2015). Perilaku anti sosial pada anak sekloah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 21-33.

E. St. Harahap, et. al. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Effendy, N. (1998). Dasar-dasar Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Fernando, T., & Elfida, D. (2018). Kedekatan Remaja Pada Ibu: Pendekatan indigenous psychology. Jurnal Psikologi, 13 (2).

Gunarsa, Singgih. 2001. Psikologis Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hadi, W. (2019). Peran Ibu single parent dalam membentuk kepribadian anak: kasus dan solusi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 301-320.

Hanifa, Ulfi. 2021. Representasi Motherhood Dalam Serial Webtoon Young Mom (Analisis Semiotika Roland Barthes). PDF Skripsi pada Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Hendriean, A. (2019). pengaruh perendaman air hangat dan air dingin terhadap penurunan glukosa darah pada ssb rudal fc pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesiatera Anggota IKAPI.

Muminah, A., & Salim, H. (2022). Fenomena Komunikasi Haptika antara Ibu dan Bayi Saat Menggendong. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 21(2), 40-44.

Nicholas Abercombrie, et. al. (2006). Dictionary of Sociology. Pinguin Group.

Pratama, Aditya Dimas. "REPRESENTASI BUDAYA ETNIS PADA PROGRAM TELEVISI ETHNIC RUNAWAY EPISODE SUKU SAMBORI." MEDIAKOM 4.1 (2020): 92-100.

Putri, Dyah Purbasari Kusumaning dan Lestari, Sri. 2015. Pembagian Peran dalam Rumah Tangga pada Pasangan Suami Istri Jawa. Jurnal Penelitian Humaniora.

Ramlah, U. (2021). Gangguan kesehatan pada anak usia dini akibat kekurangan gizi dan upaya pencegahannya. Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 12-25.

Surbakti, R. (2020). Peran Perempuan Sebagai Anak, Istri, Dan Ibu. Jurnal Kajian Gender dan Anak, 4(2), 123-136.

Triyono, Agus. 2001. Teknik Penanggulangan Bahaya Kebakaran Di Perusahaan. Majalah Hiperkes dan Keselamatan Kerja. Vol. XXXIV (3): hal. 34 – 53.

Wibowo, I. S. W. (2013). Semiotika Komunikasi – Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Mitra Wacana Media.

Yakub, M., Damayanti, M. F., & Fadhilla, I. (2023). Representasi Peran Ibu Ideal Dalam Islam Pada Film Ali Dan Ratu-Ratu Queens. Wardah, 24(1), 76-90.

Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran perempuan dalam keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 61-65.

Published

2024-03-31

How to Cite

Hadi, S., & Pratama, A. D. (2024). Peran Ibu Dalam Drama Korea Under The Queen’s Umbrella. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 3(2), 130–140. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.75

Issue

Section

Articles

Categories