Penggunaan Media Digital dalam Komunikasi Organisasi pada Kepanduan

Peluang dan Tantangan

Authors

  • Awit Istighfarin Universitas Muhammadiyah Madiun
  • Fajar Istikhomah Universitas Muhammadiyah Madiun
  • Aditya Dimas Pratama Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.483

Keywords:

Media Digital, Komunikasi Organisasi, Kepanduan, Hizbul Wathan

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa  perubahan signifikan pada banyak aspek kehidupan,  termasuk  cara organisasi berkomunikasi dan  berinteraksi dengan anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media digital dalam komunikasi organisasi pada Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Wilayah Jawa Timur serta mengidentifikasi peluang dan tantangan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen internal. Penelitian difokuskan pada Hizbul Wathan Kwartir Wilayah Jawa Timur, dengan perhatian khusus pada bagaimana teknologi digital diintegrasikan dalam operasional dan kegiatan kepanduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital telah meningkatkan efisiensi komunikasi dan memperluas akses informasi di antara anggota, termasuk di daerah terpencil. Selain itu, media digital mendukung dokumentasi yang lebih baik dan memperkuat keterlibatan anggota melalui platform online. Namun, tantangan utama yang diidentifikasi meliputi ketergantungan pada teknologi, kesenjangan akses di antara anggota, serta risiko terkait keamanan data dan privasi. Dengan demikian penggunaan media digital dalam komunikasi organisasi pada kepanduan Hizbul Wathan dapat menghadirkan peluang besar, untuk kemajuan organisasi. Selai itu juga perlu pelatihan literasi digital bagi anggota dan pengembangan infrastruktur teknologi agar media digital dapat dioptimalkan dalam kegiatan kepanduan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, I. L., Aulya, N., & Satriya, S. H. (2024). Transformasi Media dan Dinamika Komunikasi dalam Era Digital: Tantangan dan Peluang Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 168–181. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.554

Ashita, N. A. I. P. (2023). Pengaruh Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan TerhadapPembentukkan Karakter Peserta Didik Di MiMuhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Program Studi PGMI, 10, 426–436.

Choliq, A. (2023). Transformasi Digital Tantangan Media Cetak Di Era Disrupsi. Prosiding Konferensi Nasional Mitra (KONAMI), 1(1), 55–60. https://journal.unej.ac.id/KONAMI/article/view/866

Fachrurazi, Rukmana, A. Y., Supriyanto, Syamsulbahri, & Iskandar. (2023). Revolusi Bisnis di Era Digital: Strategi dan Dampak Transformasi Proses Teknologi terhadap Keunggulan Kompetitif dan Pertumbuhan Organisasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 297–305. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.563

Hidayat, M. F., & Purnomo, B. (2021). Pembentukan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(1), 01–15. https://doi.org/10.22437/jejak.v1i1.13274

Istighfarin, A., & Istikhomah, F. (2024). Pengelolaan Akun Instagram Resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Sebagai Media Pemberitaan Pemerintahan Kab. Madiun. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2208

Jadidah, I. T., Rahayu, A., Bella, H. S., Julinda, J., & Anggraini, T. W. (2023). Pengaruh Media Digital Terhadap Sosial Budaya Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(04), 253–268. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v2i04.830

Jannah, M., Ritonga, N. D. A., & Farhan, M. (2024). Tantangan Komunikasi Antar-generasi dalam Lingkungan Kerja Organisasi Modern. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 70–81.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Priyowidodo, G., Wijayanti, C. A., & Vidyarini, T. N. (2021). Digital-Based Media Organization Communication Strategy: An Ethnomethodology Study. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 1. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3272

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sihati, A., Husna, D., Difany, S., & Habiba, I. S. (2021). Peran kepanduan hizbul wathan dalam pembentukan karakter bagi siswa tuna laras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1669–1674. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/299

Syahru, R., & Putri, Y. R. (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi Melalui Media Digital Terhadap Kinerja Pengurus Lembaga Dakwah Kampus Level Mandiri Se-Bandung Raya Selama Masa Pandemi Covid-19 the Effect of Organizational Communication Through Digital Media on the Performance of the Mana. EProceedings of Management, 8(3).

Published

2024-09-30

How to Cite

Istighfarin, A., Istikhomah, F., & Pratama, A. D. (2024). Penggunaan Media Digital dalam Komunikasi Organisasi pada Kepanduan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 4(1), 98–105. https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.483

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.