Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Pokok SPLDV ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Authors

  • Beatrix Purnama Sari Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v2i2.40

Keywords:

Miskonsepsi, Pemecahan masalah, SPLDV, Gaya Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter miskonsepsi siswa dan penyebabnya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriptif, dengan pendekatan penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode ob-servasi, angket, tes dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial lebih banyak memiliki karakter miskonsepsi dan kelemahan dalam memecahkan masalah SPLDV dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik. Sedangkan yang memiliki karakter miskonsepsinya sedikit dibanding yang lain adalah pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Penyebab miskonsepsi yang sama pada ketiga gaya belajar yaitu berasal dari guru dan siswa itu sendiri. Guru menjadi penyebab miskonsepsi karena konsep SPLDV yang disampaikan tidak semua dipahami dan siswa juga kurang memberi perhatian kepada penjelasan guru dan jarang mengungkapkan kesulitan kepada guru karena takut. Untuk itu guru dapat menggunakan model dan metode pem-belajaran yang sesuai untuk penanaman konsep dan menyesuaikan dengan gaya belajar siswa sehingga dapat meminimalisasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alti, K., Firdau, M., & Oktavian, D. (2021). Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar dengan Certainty Of Respons Index (CRI). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3 (1), 252-266.

Apriza, B. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning. Jurnal Eksponen, 9 (1), 55-66. DOI: https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.133

Christina, E. N., Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (2), 405-424.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13 (01), 121-129.

Ibrahim, M. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Dimensi Tiga. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2 (2), 132-137. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.715

Idris, F. P., Hamid, I., Bentri, A., & Ardiana (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4 (1), 92-98. DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v3i2.134

Kurniati, A., Fransiska, & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5 (1), 87-103. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.362

Lestari, S., & Djuhan, M.W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1 (1), 79-90. DOI: https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250

Rahmawati, M.M.E., & Budiningsih, A. (2014). Pengaruh Mind Mapping dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1 (2), 123-138. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2524

Rismawati, M. (2016). Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Alat Berpikir Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Vox Edukasi, 7 (2), 203-2015.

Saedi, M., Mokat, S., & Herianto (2011). Teori Pemecahan Masalah Polya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3 (1), 26-34.

Sarlina (2015). Miskonsepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3 (2), 194-209.

Sholehah, N. S., Nurlaili1, & Usman (2019). Analisis Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Menggunakan Model Pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) Berbantuan Media Monopoli Pada Sub Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi dan Komputer, 90-95.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5 (2), 148-158. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Wahyuni,Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM, 10 (2), 128-132. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Sari, B. P. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Pokok SPLDV ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 2(2), 69–83. https://doi.org/10.47134/trilogi.v2i2.40

Issue

Section

Articles

Categories