Pengembangan Kamus Fisika Bergambar Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Mengukur Minat dan Respon Siswa SMA N Muara Lakitan

Authors

  • Ilma Indriani Universitas PGRI Silampari
  • Wahyu Arini Universitas PGRI Silampari
  • Ovilia Putri Utami Gumay Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.167

Keywords:

Pengembangan Kamus Fisika, Minat, Respon

Abstract

Pengembangan kamus fisika bergambar dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana minat dan tanggapan siswa pada pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media kamus fisika bergambar sebagai sumber belajar mandiri untuk mengukur minat dan respon siswa SMA N Muara Lakitan. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan atau sering disebut dengan research and development (R & D) dengan model 4D, yang terdiri dari tahap Define, tahap Design, tahap Develop, dan tahap Dessiminate. Pada penelitian ini dilakukannya validasi produk untuk mengetahui kelayakan kamus fisika bergambar oleh para ahli yang terdiri dari ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Berdasarkan hasil penilaian dari penelitian ini pada angket minat memperoleh nilai sebesar 69,32 dengan persentase 69,32% dikategorikan tinggi. Untuk angket respon memperoleh nilai sebesar 54,44 dengan persentase 83,75% dengan kategori sangat positif. Dengan demikian kamus fisika bergambar dapat berpengaruh terhadap minat dan respon siswa pada pembelajaran fisika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis respon siswa terhadap media animasi powerpoint pokok bahasan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 49–53.

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk siswa kelas x pada mata pelajaran sistem operasi. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24–33.

Hanifah, D. P., Wibowo, S., Wardani, K. D. K. A., Budiyono, A., Pratama, M. P., Sari, M. N., & Maliki, R. Z. (2023). Teori dan Prinsip pengembangan Media Pembelajaran. Pradina Pustaka.

Jamaliyah, R., & Wulandari, N. . (2022). Implementasi Vidio Pembelajaran Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI Man Purworejo. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 41–51.

Muliawan, A., Satria, E., Taba, H. H. T., Siregar, J., Yani, A., Nugraha, A. S. A., & Widyastuti, H. (2021). Fisika Terapan. Zahir Publishing.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21. Pustaka Media Guru.

Sutarti, T., & Edi, I. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Deepublish.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Pusat Belajar.

Published

2024-09-30

How to Cite

Indriani, I. ., Arini, W., & Gumay, O. P. U. (2024). Pengembangan Kamus Fisika Bergambar Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Mengukur Minat dan Respon Siswa SMA N Muara Lakitan. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 4(1), 81–87. https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.167

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.