Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Masalah Hasil Belajar Santri Di Pesantren Internasional Sains Dan Teknologi (INSAT) Muhammadiyah Banyuwangi

Authors

  • Adi Setiawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Bahar Agus Setiawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dhian Wahana Putra Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i1.52

Keywords:

Kecerdasan, Spiritual, Hasil Belajar Santri

Abstract

Kecerdasan spiritual adalah landasan yang diperlukan untuk memaksimalkan fungsi kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi yang dimiliki manusia. Kecerdasan yang memperngaruhi hasil belajar santri adalah kecerdasan intelektual dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kecerdasan Spiritual dalam masalah Hasil Belajar Santri di Pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi. Jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan spiritual memiliki peran dalam masalah hasil belajar santri. Santri termasuk kedalam kategori nilai raport rata rata tinggi dan sedang. Hasil kecerdasan spiritual santri tergolong tinggi. Terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar santri. Berdasarkan temuan peneliti terkait aspek kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh santri. Santri Pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi: memiliki tujuan hidup yang baik, memiliki prinsip hidup, selalu merasakan kehadiran Allah, cenderung kepada kebaikan, berjiwa besar dan memiliki empati

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashshidieqy, H. (2018). Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Santri. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(2), 68–75.

Azzet, Akhmad Muhaimin. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual bagi Anak. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group

Husnawati. (2014). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Santri. 1–121

Juliandi, Yopi. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Santri Pada Materi Mata Pelajaran Ekonomi SMAS Taman Mulia. Skripsi. Pontianak: Pendidikan Ekonomi Universitas Tanjungpura

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Purwokerto: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44

Ramadhana, A. Resti Nur (2022) Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 11 Bone.Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Solekhah, Anna Mudarisatus., Atikah, Tera Pertiwi., Istiqomah, Mufidah. 2018. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Santri Dalam Menghadapi Tantangan Global.”

Sulastri, S., Nazar, M., & Adiska, D. N. (2018). Pengembangan Hand-Out Konsep Larutan Berintegrasi Nilai Religi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Santri Sma Pada Pondok Pesantren Terpadu. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 95–100.

Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritualterhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS diSMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1–19

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Adi Setiawan, Setiawan, B. A. ., & Putra, D. W. . (2022). Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Masalah Hasil Belajar Santri Di Pesantren Internasional Sains Dan Teknologi (INSAT) Muhammadiyah Banyuwangi. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 3(1), 50–58. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i1.52

Issue

Section

Articles

Categories