Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Al Islam Melalui Perkaderan Profesi
DOI:
https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.162Keywords:
Kepemimpinan Pembelajaran, Kompetensi GuruAbstract
Kompetensi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah berdampak pada mutu guru dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di kelas. Pernyataan tersebut memperkuat teori kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) bahwa faktor penting untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam organisasi sekolah diperlukan kualitas kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang kompeten. Selain faktor kepala sekolah, guru juga memiliki peranan pokok dalam aktivitas belajar mengajar. Tugas guru sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa guru sebagai fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyajikan pembelajaran, maka kepala sekolah dituntut dapat memainkan peran kepemimpinan pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengetahui strategi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Al Islam sekaligus mengembangkan produk dalam bentuk modul perkaderan profesi yang berkelanjutan. Penelitian dilakukan dengan metode pengembangan atau Research and Development (R & D). Adapun R & D yang diambil menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dilakukan melalui pengembangan kurikulum, implementasi visi dan misi sekolah, serta peran kepala sekolah dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Downloads
References
Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers
Direktorat Tenaga Kependidikan. (2013). Modul: Kepemimpinan Pembelajaran Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Badan pengembangan Sumber Daya Manusaia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Gorton, R.A., & Schneider, G.T. (1991). SchoolsBased Leadership: Challenges and Opportunities. Dubuque, Iowa: Wim C. Brown Company Publisher
Kauchak, D & Eggen, P. (2004). Educational Psychology; Windows on Classrooms (6th). New Jersey: Prentice Hall, Inc
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Dirjen GTK No. 6565/B/GT/2020
Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nusa Putra. (2011). Research and Development Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tim Penyelaras Kurikulum. (2022). Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) untuk SMP/MTs Muhammadiyah Se-Jawa Timur. Majalis Dikdasmen PWM Jawa Timur
Tim Penyusun. (2018). Sistem Perkaderan Muhammadiyah (SPM). Majelis Pendidikan Kader (MPK): PP Muhammadiyah
Trisiana dan Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Addie Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, Vol. 11 No. 1 Juni 2016
Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Dhian Wahana Putra, Hasna’ Huwaida (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.