Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Al Islam Melalui Perkaderan Profesi

Authors

  • Dhian Wahana Putra Universitas Muhammadiyah Jember
  • Hasna’ Huwaida Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.162

Keywords:

Kepemimpinan Pembelajaran, Kompetensi Guru

Abstract

Kompetensi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah berdampak pada mutu guru dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di kelas. Pernyataan tersebut memperkuat teori kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) bahwa faktor penting untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam organisasi sekolah diperlukan kualitas kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang kompeten. Selain faktor kepala sekolah, guru juga memiliki peranan pokok dalam aktivitas belajar mengajar. Tugas guru sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa guru sebagai fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyajikan pembelajaran, maka kepala sekolah dituntut dapat memainkan peran kepemimpinan pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengetahui strategi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Al Islam sekaligus mengembangkan produk dalam bentuk modul perkaderan profesi yang berkelanjutan. Penelitian dilakukan dengan metode pengembangan atau Research and Development (R & D). Adapun R & D yang diambil menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dilakukan melalui pengembangan kurikulum, implementasi visi dan misi sekolah, serta peran kepala sekolah dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2013). Modul: Kepemimpinan Pembelajaran Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Badan pengembangan Sumber Daya Manusaia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Gorton, R.A., & Schneider, G.T. (1991). SchoolsBased Leadership: Challenges and Opportunities. Dubuque, Iowa: Wim C. Brown Company Publisher

Kauchak, D & Eggen, P. (2004). Educational Psychology; Windows on Classrooms (6th). New Jersey: Prentice Hall, Inc

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Dirjen GTK No. 6565/B/GT/2020

Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nusa Putra. (2011). Research and Development Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tim Penyelaras Kurikulum. (2022). Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) untuk SMP/MTs Muhammadiyah Se-Jawa Timur. Majalis Dikdasmen PWM Jawa Timur

Tim Penyusun. (2018). Sistem Perkaderan Muhammadiyah (SPM). Majelis Pendidikan Kader (MPK): PP Muhammadiyah

Trisiana dan Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Addie Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, Vol. 11 No. 1 Juni 2016

Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Published

2024-06-30

How to Cite

Putra, D. W., & Huwaida, H. (2024). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Al Islam Melalui Perkaderan Profesi. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 3(2), 212–220. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.162

Issue

Section

Articles

Categories