Pendidikan Tauhid dalam Kegiatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Studi Lapangan di Padepokan Bina Menggala Tapak Suci Pimda 04 Jember

Authors

  • Hasna’ Huwaida Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v2i1.37

Keywords:

Pendidikan Tauhid, Tapak Suci, Muhammadiyah

Abstract

Islam sebagai agama yang membawa pengertian tauhid dalam ajarannya, tak ayal haruslah menjadi jalan hidup atau way of life bagi setiap pengikutnya. Islam merupakan cara pandang setiap muslim terhadap dunia dan kehidupan yang menyertainya. Hal ini menjadi wajar sebab agama Islam telah memberikan penjelasan yang amat rinci di segala bidang kehidupan. Tak hanya masalah ibadah saja, tetapi termasuk di dalamnya masalah politik, sosial dan budaya. Karenanya, kehidupan seorang muslim tidak akan mungkin lepas dari nafas Islam utamanya dari nilai tauhid. Tapak Suci Putera Muhammadiyah merupakan salah satu wadah pengkaderan Muhammadiyah bagi generasi muda. Sebagai wadah bagi anak muda tersebut, tentu ada upaya-upaya yang dilakukan dalam pemenuhan misi penanaman nilai-nilai tauhid dalam setiap kegiatannya. Salah satu padepokan yang aktif bagi kegiatan tapak suci adalah Padepokan Bina Menggala Tapak Suci Pimda 04 Jember. Penelitian ini bertujuan mengupas berbagai macam kegiatan yang mengandung pendidikan tauhid bagi anggota muda Tapak Suci di Padepokan Bina Menggala Tapak Suci Pimda 04 Jember. Serta menjelaskan tentang metode pelaksaan pendidikan tauhid dalam Tapak Suci yang digunakan. Jenis penelitian yang telah lakukan ini adalah field research, atau studi lapangan dengan cara peneliti terjun secara langsung ke tempat penelitian. Adapun metode penelitian yang kami gunakan adalah metode deskriptif, sedangkan pendekatannya adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menggambarkan beberapa kegiatan yang dilakukan Tapak Suci untuk menanamkan nilai tauhid, serta metode-metode pendidikan tauhid yang digunakan di setiap kegiatan tersebut. Hasil ini menunjukkan kepedulian Tapak Suci sebagai ortom Muhammadiyah atas pentingnya penanaman pendidikan tauhid bagi seluruh anggotanya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Faruqi, I. R. (1988). Tawhid (Terj). Pernebit Pustaka.

Al-Maududi, A. al-‘Ala. (1975). Prinsip-rinsip Islam, Terj. Abdullah Suhaili. al-Ma’arif.

Apriadi, E. (2009). Buku Panduan Muktamar XII Tapak Suci Putera Muhammadiyah. PT. Percetakan Persatuan.

Arikunto, S. (1995). Dasar-Dasar Research. Tarsoto.

Arroisi, J. (2013). Integrasi Tauhid dan Akhlak dalam Pandangan Fakhruddîn Ar-Razi. Tsaqafah, 9(2), 307–336. DOI: https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.55

Asmuni, Y. (1993). Ilmu Tauhid. PT. Raja Grafindo.

Bakar, O. (1995). Tauhid dan Sains; Esai-Esai Sejarah dan Filsafat Sains Islam (Terj). Pustaka Hidayah.

Hadi, F. S. (2019). Tawhid sebagai Prinsip Primordial Peradaban Islam: Studi Pemikiran Isma’il Raji al-Faruqi. Tsaqafah, 15(2), 265. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i2.3289 DOI: https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i2.3289

Hamzah, M. H., & Shalihah, R. (2021). URGENSI PENANAMAN AKIDAH TAUHID KEPADA SISWA Telaah Nasehat Luqman Al-Hakim Dalam Kitab Tafsir As Sa’di. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/81%0Ahttps://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id/index.php/tsaqofah/article/download/81/70

Hs, M., & Hasanah, L. (2011). Tauhid : Dasar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 8(3), 96–112.

Ihsan, H., & Fuad, A. (1998). Filsafat Pendidikan Agama Islam. Pustaka Setia.

Jamaluddin, Salmiati, & Sahril. (2019). Peran Organisasi Perguruan Seni Bela Diri Tapak Suci dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Istiqra’, 6(2), 22–29.

Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2015). Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, 6 (2008).

Nashir, H. (2019). Kuliah Kemuhammadiyahan I. Suara Muhammadiyah.

O’ong Maryono. (2000). Pencak Silat Merantau Waktu. Galang Press.

Penulis, T. (2016). Al-Islam dan Kemuhammadiyahan untuk Perguruan Tingggi Muhammadiyah. Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah.

Rasmini. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Ekstrakulikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah Di SMP 2 Muhammadiyah Curup Selatan. GUAU; Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 51–56.

Romli, U. (2012). Model Pendidikan Tauhid Pada Keluarga Pengusaha Religius (Studi Deskriptif Pada Keluarga H. Abdurrahman Yuri R.G.). Jurnal Tarbawi, 1(1), 1–10.

Rudianto, D., & Akhmadi, H. (2011). Mengenal Sepintas Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci. PT Golden Terayon Press.

Sauri, S. (2006). Membangun Komunikasi dalam Keluarga. Gresindo.

Setiawan, H. R. (2019). Pendidikan Tauhid dalam Al-Qur’an. Misykat Al-Anwar; Jurnal Kajian Islam Dan MAsyarakat, 30(2), 196–211. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sulistyani, E. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci di SD Muhammadiyah Ponorogo. Seminar Nasional Fip 2016, 1–95. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/fip_2016/fip_2016/paper/view/1371

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Huwaida, H. (2022). Pendidikan Tauhid dalam Kegiatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah: Studi Lapangan di Padepokan Bina Menggala Tapak Suci Pimda 04 Jember. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.47134/trilogi.v2i1.37

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.