Strategi Peningkatan Mutu Tahfidz Qur’an

Authors

  • Muhammad Taufiqi Ismail STAI Muhammmadiyah Tulungagung
  • Kukuh Budianto STAI Muhammmadiyah Tulungagung
  • Suripto Suripto STAI Muhammmadiyah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.135

Keywords:

Mutu, Pembelajaran, Strategi, Tahfidz Qur’an

Abstract

Pondok Pesantren Imam Syafi’i Tulungagung menerapkan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an selama bertahun-tahun, tetapi manajemen pembelajaran memiliki masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperbaiki strategi yang sesuai dalam manajemen dan pelaksanaan untuk meningkatkan mutu tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Imam Syafi’i. Metode yang digunakan kualitatif yang sifatnya mendasar, serta dilakukan langsung di lapangan, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari individu atau perilaku yang dapat diobservasi. Selanjutnya pendekatan fenomenologis digunakan dengan cara melibatkan pengumpulan data, pendapat, evaluasi, dan informasi terkait situasi atau kondisi dengan cara yang obyektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3: wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini tentang adanya santri mengalami kurang semangat belajar (malas) dan kelelahan akibat padatnya aktivitas di pondok, kurangnya kesadaran santri dalam menggunakan waktu yang disediakan untuk sebaik-baiknya dengan banyak mengobrol dan bercanda dengan temannya ketika waktu tahfidz dan ada beberapa santri yang tertinggal dari teman-temannya yang lain yaitu lamban dalam menghafal karena keterbatasan kemampuan. Kurangnya tenaga pendidik yang mumpuni. Oleh karena itu diperlukan strategi dalam mengatasi hal tersebut untuk meningkatkan mutu tahfidz diponpes Imam Syafi’i Tulungagung yaitu: 1) Langkah-langkah yang dilakukan: a) Perencanaan. b) Pelaksanaan. c) Evaluasi. d) Tindak lanjut. 2) Hasil dari peningkatan mutu tahfidz Qur’an terhadap pondok pesantren ini meliputi: a) Perluasan struktur organisasi, b) Penetapan standar mutu, c) Membangun citra sekolah, dan d) Pelaksanaan supervisi serta evaluasi berkelanjutan. Dengan adanya strategi ini diharapkan dapat memudahkan para ustadz dalam mengatur pembelajaran Al-Qur’an sehingga mutu tahfidz Qur’an dapat ditingkatkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, SE. (ed.); 1st ed.). CV. syakir Media Press.

Al-Fikrah, J., Pendidikan, J. M., Mutu, S. P., Al-Qur’an, P., Sekolah, D., Kejuruan, M., Nur, A., Malang, B., Makinuddin, A., Uin, ), Malik, M., & Malang, I. (n.d.). AL-FIKRAH, Volume XI Nomor 1, Juni 2021 Quality Improvement Strategy for Learning of the Qur’an in An-Nur Vocational School in Bululawang Malang (Issue 1). Januari-Juni. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfikrah

Alquran, al karim. (2023). Alquran pdf terjemahan. Al-Qur’an Terjemahan, 1–1100.

Arini, J., & Widawarsih, W. W. (2022). Strategi dan Metode Menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur. Jurnal Penelitian Keislaman, 17(2), 170–190. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i2.4578

Das, A. C. (2014). International Journal of Research ( Ijr ). 2(4), 548–577.

Indriyanto, B. (2012). Pengembangan Kurikulum Sebagai Intervensi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan (Curriculum Development As a Means for the Improvement of Education Quality). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(1), 440–453.

Khakim, M. N. L. (2018). Kesadaran Sejarah Dalam Novel ‘Menunggu Beduk Berbunyi’ Hamka (1950) Sebagai Pengembangan Materi Ajar Sejarah Indonesia Modern. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 163–175. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p163

Mubarokah, S. (2019). Strategi Tahfidz Al-Qur’an Mu’allimin dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan. Jurnal Penelitian Tarbawi, 4(1), 1–17.

Muhammad Ibnu Hadi, Muhammad Said Husin, H. (2023). Strategi Pembelajaran Menghafal Al- Qur ’ an Pada Program Tahfidz di PTAIN. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 118.

Rahmawati, R. (2020). Manajemen Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Kegiatan Ektrakurikuler Pada Pesantren Thawalib Gunung Padang Panjang. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 65. https://doi.org/10.31958/jaf.v8i1.2249

Sobry, M. (2018). Proses Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan Islam melalui Manajemen Mutu Terpadu. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 211–222. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v10i2.216

Syahid, A., & Wahyuni, A. (2019). Tren program tahfidz Al-Qur’an sebagai metode pendidikan anak. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87-96.

Published

2024-09-30

How to Cite

Ismail, M. T., Budianto, K., & Suripto, S. (2024). Strategi Peningkatan Mutu Tahfidz Qur’an. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.135

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.