Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SDN Tamansari 02 Mumbulsari Kota Jember
DOI:
https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.57Keywords:
Dampak, Game Online, Peserta DidikAbstract
Game online merupakan sebuah gaya hidup baru bagi beberapa orang di setiap kalangan umurnya. Sekarang ini banyak di jumpai warung internet (warnet), ponsel Android dan fasilitas-fasilitas lainya yang dapat menghubungkan kita dengan internet baik itu di kota maupun di desa-desa dan mereka memfasilitasi akan adanya game online tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Dampak dari Game Online terhadap peserta didik SDN Tamansari 02 Mumbulsari, permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan adalah bagaiamana pengaruh game online terhadap minat belajar siswa SDN Tamansari 02 Mumbulsari Kota Jember?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian adapaun informan merupakan orang yang benar-benar mengetahui permasalahan dengan baik mengenai isu-isu yang berasal dari pihak SDN Tamansari 02 Mumbulsari. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh game online baik dari sisi positif maupun dampak negative. Dampak positifnya adalah peserta didik menjadi lebih senang setelah bermain game karena peserta didik bisa melepaskan kepenatan nya selama belajar dengan cara bermain game, terdapat juga peserta didik yang bisa belajar bahasa asing dari bermain game online. Selain dampak positif, terdapat juga dampak negatif dari game online yaitu peserta didik menjadi terlalu fokus terhadap game nya dan mengabaikan tugas sekolah, menjadi malah dan kurang bersemangat ketika akan belajar. Peserta didik juga menjadi sulit menerima informasi dari guru maupun orang tua ketika diberitahu
Downloads
References
Anuryatin, P. A. S., & Purwoko, B. (2016). Penerapan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Driyorejo. Bimbingan Dan Konseling, 3(5), 22–37. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/15042/13616
Dr. Herpratiwi, M. P. (2016). BUKU Teori Belajar dan Pembelajaran. In Media Akademi (p. 79).
Kompasiana. (2019). Sejarah Game Online di Industri Android. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/hackonline88/5dbe9f48097f367b72585eb2/sejarah-game-online-di-industri-android
Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657
Ramdani, N. (2018). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Minat Belajar, 42. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4071-Full_Text.pdf
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2020). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6–12. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2520
Wina Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan (Edisi 1 Ce). Prenadamedia.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Bagas Noval Airlangga, Suyono Suyono (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.