Pengaruh Harga dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap keputusan Pembelian Pada CV. Bakso Klenger Ambulu

Authors

  • Ika Mayang Oktavya Sari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember
  • Achandyah Prabwati Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi Pembangunan Jember
  • Alifian Rizzalul Ahmad Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi Pembangunan Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.156

Keywords:

harga, promosi, media sosial, keputusan pembelian

Abstract

Keberadaan rumah makan atau restoran menjadi bukti keragaman kuliner yang ada. Kuliner menjadi usaha bisnis makanan yang banyak diminati diberbagai kalangan., salah satunya adalah kuliner bakso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian pada CV. Bakso Klenger Ambulu. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif kausal serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian namun secara simultan harga dan promosi melalui media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Di samping itu, promosi melalui media sosial secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah CV. Bakso Klenger Ambulu harus tetap mempertahankan harga yang sudah ditetapkan dan lebih memperhatikan dan meningkatkan kuantitas promosi yang dilakukan di media sosial agar pembelian di CV. Bakso Klenger Ambulu mengalami peningkatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayunita, & Mustika, S. M. W. (2021). Jurnal BADATI Vol . 3 No . 2 November 2021 E-ISSN : 2722 - 3248. Jurnal BADATI, 3(2), 42–53.

Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86.

Japlani, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik di Kota Metro Lampung. Jurnal Manajemen, 14(2), 168–177.

Kuswanto, & Vikaliana, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 195–210. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.431

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Maulana, I., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram. JEKU (Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan), 21(3), 249–255.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16–23. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Pratama, A. B., & Saino. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. 13(4), 630–637. https://doi.org/10.29264/jmmn.v13i4.9890

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2019). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Perkembangan dan pertumbuhan trend perilaku berbelanja konsumen yang saat ini lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan , maka timbul. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 150–159. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.345

Saota, S., Buulolo, P., & Fau, S. H. (2021). Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di UD. TRIAL VELA kecamatan fanayama kabupaten nias selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 135–142.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147–155. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

SUkmana, M. M. D., Hannan, S., & Horas V Purba, J. (2020). Hubungan Harga Dan Promosi Dengan Keputusan Pembelian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Di Pt Bank Mandiri Jakarta Kota. Economicus, 13(1), 69–79. https://doi.org/10.47860/economicus.v13i1.166

Susana, F. A., Julianto, D. E., & Suhartono. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 10(1), 79–88. https://doi.org/10.22334/paris.v2i10.573

Tolan, M. S., Pelleng, F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.

Published

2024-09-30

How to Cite

Sari, I. M. O., Prabwati, A., & Ahmad, A. R. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap keputusan Pembelian Pada CV. Bakso Klenger Ambulu. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 4(1), 32–40. https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.156

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.