Pengaruh Persepsi Kemudahan, Promosi Cashback dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember)

Authors

  • Hasan Randi Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v2i1.28

Keywords:

Persepsi Kemudahan, Promosi Cashback, E-Service Quality dan Keputusan Penggunaan

Abstract

Perkembangan pesat teknologi pada era globalisasi mendorong perubahan perilaku di sektor bisnis dan perilaku konsumsi pada masyarakat. Perkembangan teknologi juga mempengaruhi perubahan sistem pembayaran dalam bertransaksi. Dulu pola transaksi masyarakat hanya bisa dilakukan secara tunai (cash based), namun pada era sekarang pola transaksi bergeser menjadi nontunai (non cash). Instrument pembayaran nontunai yang sedang berkembang di Indonesia saat ini adalah Go-Pay. Transaksi yang mudah dengan berbagai promo menarik dan ekosistem yang lengkap memberikan pengalaman bertransaksi yang luar biasa bagi para pengguna dan diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan kelancaran pembayaran yang bersifat mikro dan cepat. Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, promosi cashback dan e-service quality terhadap keputusan penggunaan Go-Pay. Penelitian ini menggunakan pengujian regresi linier berganda. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dengan kriteria pengguna atau pernah menggunakan Go-Pay. Adapun pengambilan sampel dengan metode Slovin sebanyak 100 responden. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan persepsi kemudahan, promosicashback, dan e-service quality berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan penggunaan pada Go-Pay.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiza Alya Amira, S. (2020). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION APLIKASI SHOPEE. E-Proceeding of Management, 7(2), 6363.

Amel, A. F. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ovo. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 201–223. https://doi.org/10.21009/jrmsi.011.2.01 DOI: https://doi.org/10.21009/JRMSI.011.2.01

Badir, M., & Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of E-WOM, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(1), 39. https://doi.org/10.24252/minds.v7i1.13715. DOI: https://doi.org/10.24252/minds.v7i1.13715

Dewi, A. S., & Intan, P. R. (2021). The Impact of Product Quality, Price and Promotion on Axis Card Purchase Decisions On Students In Padang City. 1(3), 189–197. https://doi.org/10.24036/jkmp.v1i1

Diana, N. (2018). INDONESIA SKRIPSI Oleh : Nama : Nur Diana FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money Di Indonesia, 155.

Febriana, H., & Budhiarjo, I. S. (2020). Pengaruh Promosi Go-pay Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Ruang Lingkup Universitas Pamulang. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 192–198. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.142 DOI: https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.142

Firdha, S., Putri, A., Marlena, N., Ekonomika, F., & Negeri, U. (2021). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap kepuasan konsumen The effect of e-service quality and e-trust on shopeepay user consumer satisfaction. 23(3), 463–474.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, F., Ali, M. M., & Nugroho, A. (2019). Analysis of the Effects of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on Consumer Attitude and Their Impacts on Purchase Decision on PT Tokopedia In Jabodetabek. European Journal of Business and Management Research, 4(5), 1–6. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2019.4.5.100 DOI: https://doi.org/10.24018/ejbmr.2019.4.5.100

Harlofida, D., Veronica, S., & Istanto, Y. (2020). Effect of Product Quality, Brand Image, Price, and E-Service Quality on Decisions on Purchase of Aesthetic Cosmetic Products Online in Yogyakarta and South Sumatera City. Icbeem 2019, 65–72. https://doi.org/10.5220/0009962500650072 DOI: https://doi.org/10.5220/0009962500650072

Hartono, C., Silintowe, Y. B. R., & Huruta, A. D. (2021). The ease of transaction and e-service quality of e-commerce platform on online purchasing decision. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 13(2), 81. https://doi.org/10.26740/bisma.v13n2.p81-93 DOI: https://doi.org/10.26740/bisma.v13n2.p81-93

Htpp://www.bi.go.id [Diakses pada 1 Maret 2022]

Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41808/36140

Noviana, I. P. T., & Darma, G. S. (2020). Exploring Digital Marketing Strategies During the New Normal Era in Enhancing the Use of Digital Payment. Jurnal Mantik, 4(3), 2257–2262.

Philip Kotler, & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing (12 th). Erlangga.

Philip Kotler, K. L. K. (2016). Marketing Management (New Jersey). Pearson Prentice Hall, Inc.

Putra, M. D. A., & Parmariza, Y. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Kepercayaan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Gopay. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(2), 164. https://doi.org/10.22441/jdm.v4i2.12951 DOI: https://doi.org/10.22441/jdm.v4i2.12951

Winanti W & Raya Sulistyowati. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food ( Studi Pada. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1272–1278.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Randi, H. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Promosi Cashback dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember) . Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 2(1), 9–20. https://doi.org/10.47134/trilogi.v2i1.28

Issue

Section

Articles

Categories