Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman JNE Cabang Tegal Besar

Authors

  • Feti Fatimah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Resa Yova Ferdiansa Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yohanes Gunawan Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i2.14

Keywords:

Brand Image, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan tujuan utama setiap pelaku bisnis dalam bidang jasa. tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image, harga, serta kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen jasa JNE Cabang Jember. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan jasa JNE Cabang Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 140 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan t hitung sebesar 2,988 dan tingkat signifikasi 0,003. (2) variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan t hitung sebesar 2,238 dan tingkat signifikasi 0,027. (3) variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan t hitung sebesar 6,073 dan tingkat signifikasi 0,000. Variabel brand image, harga dan kualitas pelayanan secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada jasa JNE Cabang Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari, Alma. 2012. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Dita, Amelia., Nuel, Simatupang., Sinuraya, Bastian. Jovial. (2020). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. JNE Cabang Medan. Jurnal Manajemen, 7, 11–24.

Bastian. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.

Damayanti, Cintya,. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk “Supermi” di Kecamatan Genuk Semarang). UNNES Repository, 106.

Balqis, Diab,. (2009). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi Kasus pada Gies Batik Pekalongan). Jurnal Manajemen Pemasaran Hal 1-87.

Fachruddin, Imam. (2009). Desain penelitian. Malang: Universitas Islam Negeri.

Faida, Latifa. Nur. (2020). #AA, 53(9), 1689–1699.

Ferdinand, Augusty, 2006. Metode penelitian manajemen: “pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, Tensis dan disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro

Fernando, Made. Fajar., & Aksari, Ni. Made. Asti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441–469. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i01.p17

Gujarati, Damodar N. (2003). Basic Econometric Forth Edition. New York: Mc Graw-Hill.

Gulla, Rendy., Oroh, Sem. George., & Roring, Ferdy. (2015). Persepktif Manajemen dan Pemasaran Konteporer. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.

Hardiyati, Ratih. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 1–149.

Hastuti, Fiera,. 2018. Pengaruh Produk Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Kuliner C'Best Friend Chicken Tegal Besar, Jember). Universitas Muhammadiyah Jember.

Kirana, Eka. Kanza. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ekspedisi (Studi Pada Konsumen Jalur Nugraha Ekakurir). Manajemen Bisnis, 8(1). DOI: https://doi.org/10.22219/jmb.v8i1.7052

Kotler, dan Amstrong, Setyo, 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, Tyas., Irawan, Bamabang., & Prasodjo, Adi. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 147–151. DOI: https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11159

Maulana, Ade. Syarif. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. TOI. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 7(2), 113–125.

Mursid, M. 2014. Managemen Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta

Nuri., Fatimah, Feti & Rozzaid, Yusron. (2018). Persepsi Konsumen Terhadap Kepuasan Penggunaan Transportasi Online Go-Jek Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 189–203. DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1761

Nurlia, Titim. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 104. DOI: https://doi.org/10.34127/jrlab.v8i2.289

Prabowo, Aris. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Brand Image Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Brand Loyality Pada Air Mineral Aqua. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia.

Prasetio, Arie. (2011). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Management Analysis Journal, 1(4).

Putri, Rika. Estika., Waluyo, Handoko. Djoka., & Listyorini, Sari. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word of Mouth, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Jne Cabang Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(4), 220–228.

Ramadhan, Afif. Ghaffar., & Santosa, Suryono. Budi. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12.

Rohmaningtyas, Mutiara. Nistyia. (2016). Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. New Scientist, 165(2229), 57.

Widodo Sri. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan Strategi, Isu-isu Utama dan Globalisasi, Manggu Media, Bandung.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Usvela, Efit., Qomariah, Nurul., & Wibowo, Yohanes. Gunawan. (2019). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indoensia, 5(2), 300–312.

Wati, K.L., Fatimah, Feti & Rozi., Ahamd, Fahrurozi (2019) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Go-Jek. http://repository.Unmuhjember.ac.id/6409/1/i.%20ARTIKEL.pdf

Wijaya, Cynthia. Violita. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. AGORA, 5(1).

Wowor, Valdy. Ronald. (2013). Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1229–1239.

Yuniarta, Frizky., S., Ika. Barokah., & Wulandari, Gusti. Ayu. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Pengiriman Paket Pada PT. JNE Express Cabang Jember dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 152. DOI: https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11160

Badan Pusat Statistik, 2020, Jasa Pengiriman Ditengah Pusaran Ekonomi Digital https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/GKdR9m4b-bisnis-logistik-di-tengah-pusaran-belanja-online

Cek Tarif, 2021, Tarif Ongkir Terlengkap Jasa Pengiriman Barang Di Indonesia

Digination.id, 2020, Top Jasa Kurir Indonesia https://www.digination,id/read/011787/nih-kurir-pilihan-pembaca-digination

Top Brand Award, 2020, Top Brand Index Kategori Jasa Pengiriman https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=Jne

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Feti Fatimah, Yova Ferdiansa, R. . ., & Gunawan, Y. . (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman JNE Cabang Tegal Besar. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 1(2), 73–84. https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i2.14

Issue

Section

Articles

Categories