Analisis Segmentasi Pasar pada UMKM Kuliner Katering

Studi Kasus pada CV. Faoladi Jember

Authors

  • Diana Kusuma Nurjannah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember
  • Alifian Nugraha Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember
  • Alifian Rizzalul Ahmad Rizal Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.155

Keywords:

Segmentasi Pasar, UKM, catering, analisis kualitatif, CV Faoladi

Abstract

Segmentasi pasar, yang membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda, merupakan strategi penting untuk memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi pasar pada pelanggan CV Faoladi Catering Jember. Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, memahami karakteristik dan kebutuhan pasar menjadi hal yang krusial bagi keberhasilan usaha kecil dan menengah (UKM), khususnya di sektor kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi segmen pasar berdasarkan karakteristik demografis, psikografis, dan perilaku konsumen, dengan metode wawancara mendalam kepada pelanggan CV Faoladi Catering dan observasi langsung ke lokasi usaha katering. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menggambarkan profil segmen pasar yang dilayani oleh CV Faoladi Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Faoladi Catering memiliki tiga segmen pasar utama yaitu keluarga menengah ke atas, perusahaan yang membutuhkan jasa katering untuk acara perusahaan, dan perorangan yang memesan untuk acara pribadi seperti pesta ulang tahun dan pernikahan. acara pribadi seperti pesta ulang tahun dan pernikahan. Setiap segmen memiliki karakteristik unik yang mempengaruhi preferensi mereka terhadap menu dan layanan yang ditawarkan. Misalnya, segmen keluarga kelas menengah ke atas lebih menyukai menu sehat dan berkualitas tinggi, sedangkan segmen korporat Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya strategi segmentasi pasar yang tepat. pentingnya strategi segmentasi pasar yang tepat dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing bisnis. CV Faoladi Catering disarankan untuk terus menyesuaikan produk penawarannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan setiap segmen pasar untuk mempertahankan dan memperluas basis pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitralisma, G., & Mandasari, M. (2021). Analisis Strategi Segmentasi Pasar Guna Menghadapi Pesaing Dan Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi. Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 16(1), 287–293. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1886

Hanggraito, A. A., & Sanjiwani, N. M. G. (2020). Tren Segmentasi Pasar dan Perilaku Wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 43. https://doi.org/10.19184/jtc.v4i1.14476

Keller, P. K. dan K. L. (2009). MANAJEMEN PEMASARAN, EDISI KETIGA BELAS JILID 1 Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. In B. Sabran (Ed.), jilid 2 (13 ed., hal. 1–412). ERLANGGA. https://www.inlis.singkawangkota.go.id/opac/detail-opac?id=8546

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146

Nadja, R., & Halimah, S. (2021). Segmentasi Pasar Produk Keripik Pisang Industri Rumah Tangga Morinawa. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(2), 334–342. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.06

Srimenganti, N. (2017). SEGMENTASI PASAR PEMBELI TAHU SUMEDANG (Studi Kasus pada Perusahaan Tahu Bungkeng Kabupaten Sumedang). MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 1(2), 159. https://doi.org/10.25157/ma.v1i2.57

Published

2024-09-30

How to Cite

Nurjannah, D. K., Nugraha, A., & Rizal, A. R. A. (2024). Analisis Segmentasi Pasar pada UMKM Kuliner Katering: Studi Kasus pada CV. Faoladi Jember. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.155

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.