Analisis Segmentasi Pasar pada UMKM Kuliner Katering
Studi Kasus pada CV. Faoladi Jember
DOI:
https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i1.155Keywords:
Segmentasi Pasar, UKM, catering, analisis kualitatif, CV FaoladiAbstract
Segmentasi pasar, yang membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda, merupakan strategi penting untuk memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi pasar pada pelanggan CV Faoladi Catering Jember. Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, memahami karakteristik dan kebutuhan pasar menjadi hal yang krusial bagi keberhasilan usaha kecil dan menengah (UKM), khususnya di sektor kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi segmen pasar berdasarkan karakteristik demografis, psikografis, dan perilaku konsumen, dengan metode wawancara mendalam kepada pelanggan CV Faoladi Catering dan observasi langsung ke lokasi usaha katering. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menggambarkan profil segmen pasar yang dilayani oleh CV Faoladi Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Faoladi Catering memiliki tiga segmen pasar utama yaitu keluarga menengah ke atas, perusahaan yang membutuhkan jasa katering untuk acara perusahaan, dan perorangan yang memesan untuk acara pribadi seperti pesta ulang tahun dan pernikahan. acara pribadi seperti pesta ulang tahun dan pernikahan. Setiap segmen memiliki karakteristik unik yang mempengaruhi preferensi mereka terhadap menu dan layanan yang ditawarkan. Misalnya, segmen keluarga kelas menengah ke atas lebih menyukai menu sehat dan berkualitas tinggi, sedangkan segmen korporat Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya strategi segmentasi pasar yang tepat. pentingnya strategi segmentasi pasar yang tepat dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing bisnis. CV Faoladi Catering disarankan untuk terus menyesuaikan produk penawarannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan setiap segmen pasar untuk mempertahankan dan memperluas basis pelanggan
Downloads
References
Fitralisma, G., & Mandasari, M. (2021). Analisis Strategi Segmentasi Pasar Guna Menghadapi Pesaing Dan Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi. Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 16(1), 287–293. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1886
Hanggraito, A. A., & Sanjiwani, N. M. G. (2020). Tren Segmentasi Pasar dan Perilaku Wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 43. https://doi.org/10.19184/jtc.v4i1.14476
Keller, P. K. dan K. L. (2009). MANAJEMEN PEMASARAN, EDISI KETIGA BELAS JILID 1 Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. In B. Sabran (Ed.), jilid 2 (13 ed., hal. 1–412). ERLANGGA. https://www.inlis.singkawangkota.go.id/opac/detail-opac?id=8546
Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146
Nadja, R., & Halimah, S. (2021). Segmentasi Pasar Produk Keripik Pisang Industri Rumah Tangga Morinawa. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(2), 334–342. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.06
Srimenganti, N. (2017). SEGMENTASI PASAR PEMBELI TAHU SUMEDANG (Studi Kasus pada Perusahaan Tahu Bungkeng Kabupaten Sumedang). MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 1(2), 159. https://doi.org/10.25157/ma.v1i2.57
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Diana Kusuma Nurjannah, Alifian Nugraha, Alifian Rizzalul Ahmad Rizal (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.