Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Batik Di Ke-lurahan Bakungan

Authors

  • Elok Rosyidah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Sahru Romadloni Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Oktavima Wisdaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Sofia Asyriana Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i2.1321

Keywords:

Strategi, Pengembangan UMKM, Batik Bakungan

Abstract

Batik merupakan kerajinan bernilai seni tinggi dan bagian dari budaya Indonesia. Batik Banyuwangi mencerminkan nilai estetika ragam hias khas Banyuwangi. Namun, proses pemasaran batik Banyuwangi masih terbatas, seperti hanya dijual melalui pameran, sehingga diperlukan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Bakungan, tempat warganya memiliki UMKM Batik, dengan tujuan mengidentifikasi strategi pengembangan bisnis menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang diintegrasikan dengan analisis SWOT, IFAS, dan EFAS. Hasil analisis matriks internal-eksternal menunjukkan nilai skor kekuatan (S) 3,3, kelemahan (W) 3,5, peluang (O) 3,8, dan ancaman (T) 2,72. Koordinat analisis internal pada sumbu X adalah -0,2, sedangkan koordinat analisis eksternal pada sumbu Y adalah 1,08. Data ini menjadi dasar untuk menyusun strategi pengembangan yang efektif guna mendukung keberlanjutan UMKM Batik Banyuwangi di Kelurahan Bakungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, R. (2022). Pertemuan Tradisi dan Nilai Islam pada Tradisi Seblang di Desa Bakungan Kecamatan Glagah Banyuwangi. FU. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64740

Budiarti, R. H. S. (2023). Manajemen Pemasaran Global Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen dan Keberhasilan Bisnis. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i2.3763

Dobrowolski, Z., & Sułkowski, Ł. (2021). Business Model Canvas and Energy Enterprises. Energies, 14(21), 7198. https://doi.org/10.3390/en14217198

Febriani, A., & Putri, S. A. (2020). Segmentasi Konsumen Berdasarkan Model Recency, Frequency, Monetary dengan Metode K-Means. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), 13(2). https://doi.org/10.30813/jiems.v13i2.2274

H Nasir Asman, M. M. (2021). Studi Kelayakan Bisnis (Pedoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0). Penerbit Adab.

Hambali, A., & Andarini, S. (2021). Formulasi strategi pengembangan bisnis menggunakan pendekatan business model canvas (BMC) dan SWOT analysis dalam upaya meningkatkan daya saing pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya. Journal of Applied Business Administration, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i2.2969

Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). Dampak Covid-19 Bagi Umkm Di Indonesia Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 110. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8798

Kinanda, R., Gasali M, M., Alfa, A., & Sudeska, E. (2023). BUSSINES MODEL CANVAS UNTUK PROGRAM HILIRISASI INDUSTRI KELAPA DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DALAM PENINGKATAN PAD. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 9(1 SE-Artikel), 7–15. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v9i1.295

Mekarsari, Y., & Jatmiko, M. I. (2020). The Resilience of Chinese Minorities: Transformation of Chinese Entrepreneurs in Lasem Batik Industry, Central Java, Indonesia. Simulacra Jurnal Sosiologi, 3(2), 179–196. https://doi.org/10.21107/sml.v3i2.7366

Mukaffi, Z. (2019). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal (Studi Pada Sentra Industri Kerajinan Batik Banyuwangi). At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 7(2), 20–43.

Panda, B. K. (2019). Application of Business Model Innovation for New Enterprises. The Journal of Management Development, 39(4), 517–524. https://doi.org/10.1108/jmd-11-2018-0314

Qiram, I., Buhani, B., & Rubiono, G. (2018). Batik Banyuwangi: Aesthetic and Technical Comparison of Coastal Batik. Lekesan Interdisciplinary Journal of Asia Pacific Arts, 1(2), 79–85. https://doi.org/10.31091/lekesan.v1i2.407

Rafli, R. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Janji Jiwa Mall Tentrem Semarang. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2506–2516. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.901

Rahmasari, S. (2023). Strategi Adaptasi Bisnis di Era Digital: Menavigasi Perubahan dan Meningkatkan Keberhasilan Organisasi. Karimah Tauhid, 2(3), 622–637. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i3.9281

Ramadhan, F., & Fajarita, L. (2020). Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (Cms). IDEALIS: Indonesia Journal Information System, 3(1), 251–259. https://doi.org/10.36080/idealis.v3i1.1508

Riniwati, H. (2016). Manajemen sumberdaya manusia: Aktivitas utama dan pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Romadloni, S., & Rosyidah, E. (2023). Strategi Percepatan Peningkatan Ekonomi Dan UMKM Naik Kelas Melalui Teman Usaha Rakyat Di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Penelitian IPTEKS, 8(1), 92–98. https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i1.8556

Rosayyida, H., Fatimah, I., Fitria, L., Rohmah, D., & Arifin, S. (2023). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Batik Gajah Oling. Society, 13(2). https://doi.org/10.20414/society.v13i2.6215

Rosyidah, E. (2022). Upaya Edukasi Kearifan Lokal dan Strategi Meningkatkan Penjualan Batik Pasca Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi, 19, 1194–1198.

Saputra, I., Satriawan, I. K., & Yuarini, D. A. A. (2023). Analisis Swot Dan Penerapan Model Bisnis Kanvas Dalam Strategi Pengembangan Usaha Speed Coffee, Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 11(2), 293. https://doi.org/10.24843/jrma.2023.v11.i02.p12

Saturwa, H. N., Suharno, S., & Ahmad, A. A. (2021). The Impact of Covid-19 Pandemic on MSMEs. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(1), 65–82. https://doi.org/10.24914/jeb.v24i1.3905

Shaharuddin, S. I. S., Shamsuddin, M. S., Drahman, M. H., Hasan, Z., Asri, N. A. M., Nordin, A. A., & Shaffiar, N. (2021). A Review on the Malaysian and Indonesian Batik Production, Challenges, and Innovations in the 21st Century. Sage Open, 11(3). https://doi.org/10.1177/21582440211040128

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). CV Alfabeta.

Warnaningtyas, H. (2020). Desain bisnis model canvas (bmc) pada usaha batik kota madiun. JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 52–65. https://doi.org/10.33319/jeko.v9i2.62

Widjajanti, K., Prihantini, F. N., & Wijayanti, R. (2022). Sustainable Development of Business With Canvas Business Model Approach: Empirical Study on MSMEs Batik Blora, Indonesia. International Journal of Sustainable Development and Planning, 17(3), 1025–1032. https://doi.org/10.18280/ijsdp.170334

Yashi, A. P. (2018). Ritual Seblang Masyarakat Using Di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi Jawa, Timur. Haluan Sastra Budaya, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.20961/hsb.v2i1.11790

Yunikawati, N. A., Istiqomah, N., Jabbar, M. A., & Sidi, F. (2020). Model of Development Rural Tourism Batik in Banyuwangi: A Sustainable Development Approach. E3s Web of Conferences, 208, 5001. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020805001

Published

2025-03-30

How to Cite

Rosyidah, E., Romadloni, S., Wisdaningrum, O., & Asyriana, S. (2025). Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Batik Di Ke-lurahan Bakungan. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i2.1321

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.