Fenomena Pemanfaatan Air Bersih Pada Masyarakat Desa Mantang Besar Kecamatan Mantang Pasca Pemadaman Listrik Bergilir

Authors

  • Wenny Wulan Safitri universitas maritim raja ali haji
  • Nanik Rahmawati Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Rahma Syafitri Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.89

Keywords:

Pemerintah, Masyarakat, Sumber air bersih

Abstract

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan air minum yang bersih, sehat, dan produktif perlu diselenggarakan sistem penyediaan air minum, dalam penyelenggaraan sistem tersebut masyarakat menginginkan sistem yang transparan, akuntabel, efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan melalui hasil wawancara terstruktur secara mendalam Face to Face berdasarkan pedoman wawancara. Dalam penelitian ini untuk menentukan informan menggunakan Teknik purposive sampling atau terlebih dahulu menentukan kriteria informan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Struktural Fungsional dari Talcot Parson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerintah dan masyarakat dalam menangani permasalahan kekurangan air di Desa Mantang Besar Kecamatan Mantang dalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis peneliti menemukan bahwasaya masyarakat perlu adanya peran pemerintah dalam menangani permasalahan pemadaman listrik bergiliran dan permasalahan kerusakan mesin air PDAM sehingga mengakibatkan masyarakata kekurangan air bersih. Pemerintah membuat aturan-aturan dalam pengambilan air di sumur agar tidak terjadi permasalahan dan hal-hal yang tidak di inginkan dan bertujuan agar masyarakat tetap teratur dalam pengambilan air di sumur. dari peran yang dilakukan pemerintah terhadap penanganan permasalahan yang di alami masyarakat dalam kekurangan air bersih perlu adanya aturan-aturan yang di buat dalam menangani permasalah air tersebut bertujuan agar lebih tertip dan teratur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adekayanti. (2021). Analisis Gangguan Pada Kwh Meter Pelanggan Di PT. PLN (Persero) UP3 Sumbawa Menggunakan Fishbonedan PDCA (Plan, Do, Check, Action). Jurnal Industri&Teknologisamawa, 22-31.

Ardiana Wayan. (2022). Penerapan Diagram Fishbone Dan Metode Kaizen Untuk Menganalisa Gangguan Pada Pelanggan PT. PLN (Persero) UP3 Gorontalo. Jurnal Industrial Review, 11-19

Barasky, F. K. (2022). Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (Lsm) Sinergi Sriwijaya Peduli Dalam Mengatasi Masalah Krisis Air Bersih Di Desa Marga Sungsang Kabupaten Banyuasin: Jurnal Sosiologi .1-10

Bintan, K. B. (2022). Badan pusat statistik Kabupaten Bintan . Bintan : BPS Kabupaten Bintan.

Elisnawati. (2020). Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Listrik Pascabayar (Studi Desa Sukomoro Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara). Jambi: UIN sulthan.

Firdaus, M. (2022). Penerapan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999terhadap Pelayanan Air Bersih PDAM Tirta Antoka Kabupaten Agam Unit Baso. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial , 2457-2466.

Kaliky Musa. (2022). Kualitas Pelayanan Publik PT. PLN Persero Luhu Rayon Hitu Area Ambon Di Negeri Luhu Kecamatan Humual Kabupaten Seram Bagian Barat.Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 56-68.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Sosial :Pustaka Jaya.

Liklikwatil, Y. (2015). Mesin-Mesin Listri . Yogyakarta: Grub Penerbit Cv Budi.

Hamdah. (2019). kinrja PT PLN (Persero) Area Banjarmasir. Antasari

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Sosial :Pustaka Jaya.

Published

2024-03-31

How to Cite

Wulan Safitri, W., Rahmawati, N., & Syafitri, R. (2024). Fenomena Pemanfaatan Air Bersih Pada Masyarakat Desa Mantang Besar Kecamatan Mantang Pasca Pemadaman Listrik Bergilir. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 3(2), 182–188. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.89

Issue

Section

Articles

Categories