Strategi Bisnis Dalam Keunggulan Bersaing Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Sisik Melik Batik Banyu-wangi
DOI:
https://doi.org/10.47134/trilogi.v2i2.36Keywords:
Strategi bisnis, usia dewasa, batik banyuwangiAbstract
: Berbagai industri batik semakin bermunculan serta menampilkan keunggulan bersaing yang berbeda, mulai dari motif, bahan baku, proses produksi, strategi pemasaran serta berbagai elemen yang mendukungnya. Sisik melik semakin dikenal oleh masyarakat luas melalui ciri khasnya. Kualitas produk dan inovasi produk baru serta pemasaran yang diimplementasikan mengakibatkan terjadinya peningkatan penjualan di Sisik melik. Inovasi dapat menjadi salah satu faktor agar bisa bertahan pada pasar dengan memberikan nilai plus di atas industri batik lainnya. Penjualan suatu industri di atas rata-rata pesaing lainnya dapat dimiliki jika melalui keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis dalam keunggulan bersaing terhadap peningkatan penjualan produk Sisik melik Batik Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra dan produk merupakan strategi diferensiasi dalam penelitian ini, sedangkan inovasi produk dan inovasi pemasaran adalah inovasi dalam penelitian ini. Strategi diferensiasi serta inovasi dalam upaya peningkatan penjualan Sisik melik dapat dibuktikan dari data jumlah penjualan yang meningkat selama tahun 2021 serta dapat mempertahankan diri pada posisi pasar persaingan.
Downloads
References
Agustina, T. S. (2015). Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UMKM di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
http://batikbanyuwangi.net , Diakses tanggal 14 Juni 2022.
Maryani, Linda dkk (2019) Peran Stratgei Bisnis dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri Fashion. Jurnal Riste Bisnis dan Investasi Vol. 5, No 1. April 2019. DOI: https://doi.org/10.35697/jrbi.v5i1.1615
Paryanti, R. (2015). “Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Hotel resty Menara Pekanbaru”. JOM FISIP. 2(2), 2–13.
Riyanto, B. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan Perusahaan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Sisik Melik Batik Banyuwangi. Diakses dari https://batiksisikmelik.com/review.html , Diakses 14 Juni 2022.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tampi, N. (2015). “Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT. Telkomsel Grapari Manado)”. Jurnal EMBA. ISSN:2303-1174, 3(4), 64 – 81.
Vanessan, dkk. (2014). “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Desa Kota Manado”. Jurnal EMBA. Vol. 7, No.2.
Willy, (2021). Manajer Pemasaran. Wawancara Sisik Melik Batik Banyuwangi (60 Menit). Banyuwangi.
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2018). Essentials of Service Marketing. 3rd ed. Essex: Pearson. Buku/Publlikasi Terbitan Lembaga/Badan/Organisasi:
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Elok Rosyidah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.