Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di SMP Negeri 1 Pakem Bondowoso

Authors

  • Nanik Susilawati Sekolah Tinggi Agama Islam At-Taqwa Bondowoso
  • Akhmadi Akhmadi Sekolah Tinggi Agama Islam At-Taqwa Bondowoso
  • Dhian Wahana Putra Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i1.2

Keywords:

Peran, Pendidikan, Kepribadian

Abstract

Pendidikan merupakan amanat yang harus dikenalkan dari generasi ke generasi berikutnya. Oleh karena itu untuk tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran, peran guru sangat menentukan sehingga guru menjadi salah satu faktor yang paling menentukan berhasilnya proses pembelajaran. Guru juga mempunyai peran yang sangat urgen yaitu untuk mengarahkan dan membentuk perilaku atau kepribadian anak didiknya, baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing, motifator dan faktor pendukung serta penghambat dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 1 pakem Bondowoso. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistik berupa penjelasan yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif dan reflektif thinking. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian  data, membuat kesimpulan (verifikasi). Dan uji keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI sebagai pembimbing dan motivator dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 1 Pakem sudah memberikan pencegahan dengan cara mengoptimalkan kegiatan agama untuk memberikan kegiatan positif diharapkan dengan pengetahuan tentang keilmuan PAI serta intensitas beribadah dapat tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk mengatasi siswa yang terlanjur bermasalah, dengan di bantu guru BK dilakukan pendekatan khusus untuk diberikan binaan rohani dan bimbingan konseling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, A. (2020). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Kayu Tinggi Cakung Jakarta Timur. Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 2(1), 101-122.

Daradjat, Z. (1995). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Ruhama.

Haris, L., Hanif, M., & Hasan, N. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 155-161.

Mahfud, M. (2015). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang (Doctoral disser-tation, STAIN Pekalongan).

Pemerintah, P. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Tohirin, M. (2005). Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles

Categories