Peran Music Director Dalam Memilih Lagu Pada Program Acara PRO 2 Hit List Radio Republik Indonesia (RRI) Jember

Authors

  • Kamilah Rizka Iftitah Universitas Muhammadiyah Jember
  • H.M Thamrin Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.112

Keywords:

Music Director, Program Acara PRO 2 Hit List, RRI Jember

Abstract

Dengan adanya fenomena musik Indonesia dan mancanegara yang saat ini sedang booming dan semakin berkembang, banyak stasiun radio yang berusaha untuk memutarkan lagu-lagu terkini, salah satunya RRI Jember. Hal ini membuat peran Music Director (MD) sangat dibutuhkan, khususnya pada program PRO 2 Hit List RRI Jember. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui peran Music Director (MD) dalam memilih lagu, (2) Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi Music Director (MD) dalam memilih lagu, (3) Mengetahui hubungan antara Kepala Stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) Jember dengan Music Director (MD) dalam program acara PRO 2 Hit List. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan wawancara mendalam dan purposive sampling terhadap Music Director (MD) serta pihak-pihak yang mendukung kinerja Music Director (MD), dengan menggunakan teori pengambilan keputusan (Decision Theory). Hasil penelitian menunjukkan Music Director (MD) memiliki peranan penting yang berpengaruh dalam kesuksesan program acara PRO 2 Hit List melalui pemilihan lagu-lagunya. Faktor-faktor seperti target pendengar, format radio, jenis/genre lagu dan program siaran menjadi penentu bagi Music Director dalam memilih lagu. Begitupun hubungan Kepala RRI Jember dengan Music Director, dapat berpengaruh dalam kelancaran program acara PRO 2 Hit List RRI Jember. Hubungan antara Kepala RRI Jember dengan Music Director (MD) dibagi menjadi tiga, antara lain: (1) fungsional, (2) kinerja, dan (3) otoritas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endah Juniarlin, J., & Ratri Rahmiaji, L. (2017). Produksi Program Radio “Jateng Pagi” di RRI PRO 1 Semarang (Pengarah Acara). Interaksi Online, 6(1), 1-11. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/19026

Irwan S, Kaja. (2020). Manajemen Penyiaran Program Bahasa Daerah Radio Republik Indonesia Sintang. FOKUS Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 18(2), 184-193. Retrieved from https://doi.org/10.51826/fokus.v18i2

Jadid Khadavi, M. (2014). Dekonstruksi Musik Pop Indonesia Dalam Perspektif Industri Budaya. Jurnal Humanity, 9(2), 47-56. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2392

Lexy, M. J. (1990). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Naurah, D. (2020). Peran Music Director Dalam Proses Produksi Program Nongkrongin Laladon di Radio Megaswara 100,8 FM Bogor. Program Studi Komunikasi. Fakultas Sekolah Vokasi. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/2521/4/J3A117213-04-Dennis%20Naurah-pendahuluan.pdf

Nefori, K.R.D. (2020). Karakter Lagu dan Segmentasi Pendengar Radio Dalam Program Siaran Pick N Play di PRO 2 FM RRI Surakarta. Fakultas Seni Pertunjukan. Institut Seni Indonesia Surakarta. Retrieved from http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4671

Prasetyo, G. E. (2018). Peran Music Director Terhadap Identitas Brand Radio Geronimo FM Yogyakarta. Aksa Jurnal Komunikasi Visual, 2(1), 240–248. Retrieved from https://jurnalaksa.stsrdvisi.ac.id

R.Talalu, T. (2020). Produksi Program Siaran Dakwah Radio. Farabi Rumah Jurnal IAIN Gorontalo, 17(2), 158. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id

Rahmawati, Indah dan Dodoy Rusnadi. (2011). Berkarier di Dunia Broadcast Televisi dan Radio. Bekasi: Laskar Askara.

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Adaara Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 955. Retrieved from https://jurnal.iain-bone.ac.id

SP Gunawan. (2016). Analisis Kebijakan Music Director Dalam Menjaga Segmentasi Pasar Di Stasiun Radio (Studi Kasus Decision Theory Kebijakan Music Director Dalam Menjaga Segmentasi Pasar Di Radio B 95, 6 FM Bandung). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pasundan. Retrieved from https://doi.org/10.37505/aksa.v2i1.18

Published

2024-03-31

How to Cite

Iftitah, K. R., & H.M Thamrin. (2024). Peran Music Director Dalam Memilih Lagu Pada Program Acara PRO 2 Hit List Radio Republik Indonesia (RRI) Jember. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 3(2), 151–157. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.112

Issue

Section

Articles

Categories