Analisa Kualitas Layanan Dalam Pengukuran Kepuasan Konsumen Dengan Metode IPA (ImportancePerformance Analysis) Pada UD Mulya Jaya Jember

Authors

  • Achmad Hilmi Azisi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Feti Fatimah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yohanes Gunawan Wibowo Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i2.16

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan-Konsumen, IPA (Importence Performance Aanalisis)

Abstract

Perkembangan bisnis industri di indonesia saat ini semakin meningkat menunjukan adanya persaingan yang semakin ketat. Pemasaran yang baik dapat diharapkan mempengaruhi kepuasan konsumen, kepuasan konsumen ysng di lakukan konsen mengimplikasikan keyakinan konsumen terhadap tindakan dalam mumutuskan suatu produk yang akan di gunakan. Analisa kualitas layanan sebagai pengukur kepuasan konsumen pada UD. Mulya jaya si sukorambi jember dengan metode IPA. Bertujuan untuk mengetahui atribut kualitas pelayanan yang menentukan kepuasan pelanggan . Jenis penelitian ini deskripsi kuantiftatif. Populasi dalaam penelitian ini adalah pelanggan UD. Mulya jaya sukorambi jember dan sampel yang di gunakan berjumlah sebanyak 75 responden , dan menggunakan alat analisis IPA (importence performanc analisis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil anlisa menggunakan metode IPA yakni terdapat 3 atribut pelayanan yang termasuk dalam kuadran 1 yang artinya ada 3 atribut pelayanan yang harus di prioritaskan untuk di tingkatkan karena kinerja atribut pelayanan tersebut kurang memuasakan pelanggan dan oleh pelanggan di anggap penting.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilianti, Nur. (2016). Pemenuhan Pasien dengan Sifat Administrasi Jangka Panjang tergantung pada Teknik Servqual di Klinik Umum Provinsi Cilegon. Perguruan Tinggi Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Anggraini, (2017). Analisis.Persepsi.Konsumen.Menggunakan.Metode.Importance.Performance.Analysis Dan.Customer.Satisfaction.Index. Jurnal.Industri .Vol.-.4.-.No.-.2.Hal.-.74.–.81.

Fatimah,.F. (2021). Customer Satisfaction Analysis Of Repurchasing Level Using The Customer Satisfaction Index In Retail. The 3th International Conference On Economics And Business, ISBN. 978-623-96179-3-6, June 12, 2021 pp. 333-339.

http://jurnal.stie-mandala.ac.id/index.php/eproceeding/article/view/475

Kotler,.Philip, (2010), Principle.Of.Marketing,.A.Simon.And.Suster.Chompany.Englewood.Cliff, New.Jersy.

Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran. Jilid l. Erlangga, Jakarta.

Lesmana,.Januari.,(2018)..Analisis.Kesenjangan.Antara.Kinerja.dan.Kepuasan.Pasien.Pada.Instalasi Farmasi.Puskesmas pagesahan. Sekolah.Tinggi.Ilmu.Administrasi.Mataram.

Martinez, (2019). Online Social Networking on Campus: Understanding What Matters in Student Culture. Taylor & Francis Press.

Tasunar. (2017). Kualitas.Layanan.Sebagai.Strategi.Menciptakan.Kepuasan.pada.Pangkalan.Pendaratan Ikan.(PPI) -Morodemak. Jurnal.Sains PemasaranIndonesia Vol.-V- No-1 Mei-2006, hal 41-62.

Taliziduhu, CNdara. (2012). Pengantar.Teori.Pengembangan.SumberDaya Manusia, Rineka.Cipta, Jakarta

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Azisi, A. H., Fatimah, F. ., & Wibowo, Y. G. (2022). Analisa Kualitas Layanan Dalam Pengukuran Kepuasan Konsumen Dengan Metode IPA (ImportancePerformance Analysis) Pada UD Mulya Jaya Jember. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 1(2), 64–72. https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i2.16

Issue

Section

Articles

Categories