Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Physical Evidence Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Sheama Glenmore Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Mohammad Ubait Hisni Universitas Muhammadiyah Jember
  • Feti Fatimah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yohanes Gunawan Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i2.13

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Physical Evidence, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Kepuasan konsumen adalah tujuan primer setiap usaha pada bidang jasa. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, physical evidence, serta kepercayaan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen Salon Sheama. Jenis penelitian ini memakai kuantitatif deskriptif. Metode analisis pada penelitian ini merupakan analisis regresi berganda, Populasi pada penelitian ini yaitu pelanggan Salon Sheama. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil penelitian tersebut didukung oleh nilai t hitung pada variabel dengan t hitung sebesar 4,301 dan tingkat signifikasi 0,000. (1) variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan t hitung sebesar 3,751 dan tingkat signifikasi 0,000. (2) variabel physical evidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan t hitung sebesar 3,223 dan tingkat signifikasi 0,002. (3) variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel kualitas pelayanan, physical evidence, dan kepercayaan secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Salon Sheama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Startegi. Raja Grafindo Persada. Jaka.

Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., dan Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 2(3):1768-1780.

Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Dewi, K. Y. F. (2017). Penerapan L-R-Directed Thinking Dalam Mengubah Hipotesis Tentatif Menjadi Hipotesis Definitif Dalam Kegiatan Riset. Daiwi Widya. 4(3).

Diza, F., Moniharapon, S., dan Ogi, I. W. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pt. Fifgroup Cabang Manado). Jurnal EMBA. Vol 4 (2): 109-119.

Evriani, N. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Natural Pekanbaru. Skripsi. UIN Suska Riau.

Indrayani, L. R. (2017). Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Salon Elnia Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi UNISSULA).

Irawan, H. (2008). Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Elex media Komputindo Kelompok Gramedia

Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa, JAKARTA: Salemba Empat.

Nilasari, A. (2018). Pengaruh Interior Display, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Hitz Banyuwangi. Skripsi. Universitas Muhammadyah Jember.

Piri, H. G. (2013). Kualitas pelayanan jasa pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan pada Steiner Salon Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Yanti., K. Soegiarto, H. E., dan Suroso, A. (2016). Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Pada Salon Memey Di Sangatta. Ekonomika. 5(1).

Kotler dan Keller. 2009. “Manajemen Pemasaran”. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C. and Wright, L. K. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Lupiyoadi, (2016). Manajemen Pemasaran Jasa, JAKARTA: Salemba Empat

Maylani, Dewi. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Serta Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pelanggan Di Salon Indah Sari 2 Jember.

Morgan dan Hunt. (1994), The commitment-trust theory of relationship marketing, Journal of Marketing. 58(3) : 20-38. DOI: https://doi.org/10.1177/002224299405800302

Permatasari, Shinta Indah., dan Basuki, R Sugeng. (2018). Pengaruh Physical Evidence, People, Dan Process Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Salon Nico Sawojajar Malang. Jurnal Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. 4(1) : 293-297.

Piri, Henry G. (2013). Kualitas Pelayanan Jasa Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Steiner Salon Manado. Jurnal EMBA. 1(4) : 504-512.

Salam, Fahrur Raji. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Pelayanan Karyawan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Pdam Di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Skripsi thesis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Setianingsih, Wahyu E. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pondok Angkringan Kang Teek Jember, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesi. 3(1) : 18-30.

Sumarto, 2007. Anteseden dan Dampak dari Kebijakan Deviden beberapa Perusahaan Manufaktur. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. (7) 1.

Zulfahmi, Fatimah, Feti., dan Gunawan, Yohanes. (2018). Service Quality, Perceived Value, Trust, Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt Kereta Api Indonesia Daerah Operasi Ix Jember. Jurnal Ekonomi Manajemen. 4 (1): 61-69. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/696.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Mohammad Ubait Hisni, Feti Fatimah, & Gunawan, Y. . (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Physical Evidence Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Sheama Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 1(2), 85–97. https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i2.13

Issue

Section

Articles

Categories