Implementsi Aplikasi SIKAWAN Pada Surat Keluar di Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi

Studi di Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo

Authors

  • Adinda Anggraeni Oktantri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ria Angin Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i1.50

Keywords:

Implementasi, E-government, Persuratan

Abstract

Inovasi teknologi yang semakin berkembang di Indonesia menjadikan semua sektor berupaya mengalihkan pelayanan dari manual ke digital atau eletronik, salah satunya pada pemerintahan yang disebut dengan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Upaya yang dilakukan bertujuan untuk menjadikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Aplikasi SIKAWAN merupakan bentuk SPBE di bidang persuratan yang ada di Kabupaten Banyuwangi dan sudah di terapkan hingga pemerintahan desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aplikasi SIKAWAN pada surat keluar di desa Karetan kecamatan Purwoharjo kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini   menunjukkan  bahwa implementasi aplikasi SIKAWAN pada surat keluar dengan fasilitas tanda tangan elektronik memberikan perubahan pelayanan menjadi lebih baik. Indikator keberhasilan implementasi didasarkan pada  faktor kesiapan aparatur, kelancaran implementasi dan kinerja.  Kantor Desa Karetan sudah berhasil mengimplementasikan kebijakan tersebut. Namun, pengimplementasiannya kurang maksimal dikarenakan masih menggunakan aplikasi lain untuk mengirim surat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angin, R. (2021). Dimensi Interaksi Antar Aktor Dalam Proses Implementasi Kebijakan Keterwakilan Perempuan Sebagai Calon Anggota Legislatif. Pustaka Abadi.

Damayanti, S. (2019). Tinjauan Prosedur Surat Masuk Dan Surat Keluar Secara Elektronik Di Departemen Mk3kl Pt Lapi Itb. In Akademii Sekretari Dan Manajemen Taruna Bakti.

Garmana, D. H., Sugihartiawan, A., Nuraeni, N., Rahayu, R. A., Megayani, S., Yulaeha, Y., & Aziz, T. (2022). Efektivitas Program Tanda Tangan Elektronik Di Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang. Jrpa-Journal Of Regional Public Administration, 7(1), 49–55.

Hidayah, N. R., & Ma’ruf, M. F. (2018). Efektivitas Penerapan Layanan Sistem Informasi Tanda Tangan Elektronik (Sittek) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Sidoarjo. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/, 6, 1–8.

Hidayat, R. (2022). Peningkatan Minat Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Elektronik (Simpel)Di Dinas Komunikasi Dan Informatikakabupaten Pasaman Barat. 1–15.

Kadji, Y. (2015). Formulasi Dan Implementasi Kebijakan Publik (Vol. 21, Issue 1). Ung Press. Http://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Jkm/Article/View/2203

Muhammad. (2019). Pengantar Ilmu Administrasi Negara (M. A. P. Rudi Kurniawan, S.Sos., M. S. Bobby Rahman, S.Sos., & M. H. Hadi Iskandar, Sh. (Eds.); 1st Ed.). Unimal Press.

Saptorini, C. (2014). Tata Persuratan Dan Formulir. Praba Ut.

Syaputra, A. (2021). Aplikasi E-Kelurahan Untuk Peningkatan Pelayanan Administrasi Dalam Mendukung Penerapan E-Government. Matrik : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 379–388. Https://Doi.Org/10.30812/Matrik.V20i2.1180

Warsono, H., Astuti, R. S., & Marom, A. (2019). Buku Ajar Teori Administrasi. In Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Oktantri, A. A., & Ria Angin. (2022). Implementsi Aplikasi SIKAWAN Pada Surat Keluar di Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi: Studi di Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 3(1), 42–49. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i1.50

Issue

Section

Articles

Categories