Nilai Nilai Pendidikan Karakter Kh. Ahmad Dahlan dalam Mening-katkan Kecerdasan Spiritual dan Sosialsiswa Di SMK Muhammadiyah Jember
DOI:
https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.60Keywords:
Nilai – Nilai Pendidikan karakter K.H Ahmad, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan SosialAbstract
Pendidikan dan karakter memiliki persinggungan yang besar karena keduanya saling bergantung. Terdapat Beberapa berita mengenai dengan memudarnya nilai pendidikan karakter pada siswa oleh sebab itu perlunya pendidikan karakter yang baik. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Nilai Nilai Pendidikan Karakter Kh. Ahmad dahlan dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa SMK Muhammadiyah Jember? (2) Bagaimana Nilai Nilai Pendidi-kan Karakter Kh. Ahmad dahlan dalam meningkatkan Kecerdasan Sosial siswa SMK Muhammadiyah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif bertempat di SMK Muhammadiyah Jember prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dengan jumlah 5 informan teknis analisisnya meliputi Kategorisasi Data, reduksi data, penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Serta untuk keabsahan data memakai kredibilitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Terdapat Pembiasaan Nilai Nilai Pendidikan Karakter Kh. Ahmad dahlan dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa di SMK Muhammadiyah Jember yakni Religiusitas yakni Shalat Dhuha, Nasionalisme yakni Memperingati Hari Besar Keagamaan, Jujur yakni Istiqomah shalat dhuha, Integritas yakni Konsisten menjunjung tinggi nilai luhur. (2) Terdapat Pembiasaan Nilai Nilai Pen-didikan Karakter Kh. Ahmad dahlan dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa di SMK Muhammadiyah Jem-ber yakni Religiusitas yakni Berdoa untuk teman sakit, Nasionalisme yakni mengikuti upacara bendera, Jujur yakni Siswa tidak merokok di sekolah Integritas yakni Siswa Memakai baju seragam yang lengkap
Downloads
References
Akhmad, F. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies)
Albany, S. S. (2021). Dimensi Profetik Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dan Kh. Hasyim Asy’ari Tentang Konsep Pendidikan Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Kemuhammadiyahan Dan Kenuan. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies)
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
Achmad, G. H. (2021). Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Kh. Ahmad Dahlan Terhadap Problematika Pendidikan Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
Budiono, (2023). Diwawancarai oleh penulis, didepan kantor kepala sekolah SMK Muhammadiyah Jember, 3 Mei 2023
Roni, (2023). Diwawancarai oleh penulis, didepan kantor kepala sekolah SMK Muhammadiyah Jember, 3 Mei 2023
Fadillah, Et Al. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Manajemen Peserta Didik. Manajemen Pendidikan Islam, 5(1)
Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2).
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Ilham Aziz Suharto Suharto, Sofyan Rofi, Hairul Huda (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.