Nilai Nilai Pendidikan Karakter Kh. Ahmad Dahlan dalam Mening-katkan Kecerdasan Spiritual dan Sosialsiswa Di SMK Muhammadiyah Jember

Authors

  • Ilham Aziz Suharto Suharto anggota
  • Sofyan Rofi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Hairul Huda Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.60

Keywords:

Nilai – Nilai Pendidikan karakter K.H Ahmad, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial

Abstract

Pendidikan dan karakter memiliki persinggungan yang besar karena keduanya saling bergantung. Terdapat Beberapa berita mengenai dengan memudarnya nilai pendidikan karakter pada siswa oleh sebab itu perlunya pendidikan karakter yang baik. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Nilai Nilai Pendidikan Karakter Kh. Ahmad dahlan dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa SMK Muhammadiyah Jember? (2) Bagaimana Nilai Nilai Pendidi-kan Karakter Kh. Ahmad dahlan dalam meningkatkan Kecerdasan Sosial siswa SMK Muhammadiyah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif bertempat di SMK Muhammadiyah Jember prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dengan jumlah 5 informan teknis analisisnya meliputi Kategorisasi Data, reduksi data, penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Serta untuk keabsahan data memakai kredibilitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Terdapat Pembiasaan Nilai Nilai Pendidikan Karakter Kh. Ahmad dahlan dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa di SMK Muhammadiyah Jember yakni Religiusitas yakni Shalat Dhuha, Nasionalisme yakni Memperingati Hari Besar Keagamaan, Jujur yakni Istiqomah shalat dhuha, Integritas yakni Konsisten menjunjung tinggi nilai luhur. (2) Terdapat Pembiasaan Nilai Nilai Pen-didikan Karakter Kh. Ahmad dahlan dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa di SMK Muhammadiyah Jem-ber yakni Religiusitas yakni Berdoa untuk teman sakit, Nasionalisme yakni mengikuti upacara bendera, Jujur yakni Siswa tidak merokok di sekolah Integritas  yakni  Siswa Memakai baju seragam yang lengkap

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, F. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies)

Albany, S. S. (2021). Dimensi Profetik Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dan Kh. Hasyim Asy’ari Tentang Konsep Pendidikan Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Kemuhammadiyahan Dan Kenuan. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies)

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

Achmad, G. H. (2021). Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Kh. Ahmad Dahlan Terhadap Problematika Pendidikan Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

Budiono, (2023). Diwawancarai oleh penulis, didepan kantor kepala sekolah SMK Muhammadiyah Jember, 3 Mei 2023

Roni, (2023). Diwawancarai oleh penulis, didepan kantor kepala sekolah SMK Muhammadiyah Jember, 3 Mei 2023

Fadillah, Et Al. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Manajemen Peserta Didik. Manajemen Pendidikan Islam, 5(1)

Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2).

Published

2024-03-31

How to Cite

Suharto, I. A. S., Rofi, S., & Huda, H. (2024). Nilai Nilai Pendidikan Karakter Kh. Ahmad Dahlan dalam Mening-katkan Kecerdasan Spiritual dan Sosialsiswa Di SMK Muhammadiyah Jember. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 3(2), 111–116. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.60

Issue

Section

Articles

Categories