Panca Jiwa Pondok Modern Ditinjau dari Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al Attas

Authors

  • Hasna' Huwaida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dhian Wahana Putra Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i2.128

Keywords:

Panca Jiwa, Pendidikan Pesantren, Ta'dib, Al Attas

Abstract

Indonesia sebagai negara Islam yang besar sudah semestinya concern pada solusi Pendidikan di Indonesia berbasis agama dan akhlak. Yang mana, salah satu lembaga yang strategis dan memiliki peran yang besar dalam hal ini adalah pesantren-pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam mengonsep seluruh kegiatan dalam pondok pesantren, kyai beserta pembantu kyai menyusun sebuah falsafah yang menjadi landasan, yaitu Panca Jiwa Pondok Modern. Syed Muhammad Naquib Al Attas, seorang pemikir Pendidikan Islam mengemukaan satu istilah yang dikenal dengan ta’dib. Ta’dib menurut beliau lebih tepat disematkan untuk makna Pendidikan Islam sebab mengandung keseluruhan makna tarbiyah dan ta’lim. Ta’dib menekankan pada Pendidikan akhlak sebagai jalan dari pengoptimalan keseluruhan aspek Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yang ingin menemukan benang merah antara Pendidikan Pondok Modern dengan implementasi Panca Jiwa, dengan Konsep ta’dib Syed Muhammad Naquib Al Attas. Sumber data akan didapatkan dari perpustakaan baik berbentuk buku, jurnal ilmiah dan hasil penelitian. Data yang didapat akan dianalisis menggunakan pendekatan pedagogis kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa antara Panca Jiwa Pondok Modern dan konsep ta’dib Al Attas memiliki satu tujuan utama yaitu membentuk insan kamil, yakni manusia yang seimbang antara iman, ilmu dan akhlaknya, melalui pendidikan akhlak dan character building. Sehingga tujuan utama diciptakannya manusia terpenuhi, yaitu menjadi abdullah dan khalifah di atas muka bumi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. (2021). Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al Attas Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. An Nur: Jurnal Studi Islam, 13(1), 32–50.

Amirudin, & Askin, Z. (2004). Pengantar Metode Penelitian Hukum. PT Raja Grafindo Persada.

Anifah, N., & Yunus. (2022). Integrasi Konsep Ta ’ dib Al-Attas dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik pada Masa Pandemi. Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 13–30.

Attas, S. M. N. Al. (1980). The Concept of Education In Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Educaton. ABIM.

Attas, S. M. N. Al. (2001). Risalah Untuk Kaum Muslimin. ISTAC.

Attas, S. N. Al. (1997). Aims and Objectivies of Islamic Education. King Abdul Aziz University.

Bashori, D. C., & Huwaida, H. (2024). Pesantrenpreneur : Realise the Economic Independence of Pesantren ( Field Study at Muhammadiyah Boarding School Al-Islam Paleran ). 3(1), 1–8.

Daud, W. M. N. W. (1998). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas terj. The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Penerbit Mizan.

Daud, W. M. N. W. (2003). Filsafat Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib. al-Attas (terj). Mizan.

Fahham, A. M. (2013). Pendidikan Karakter Di Pesantren. Aspirasi, 4(3), 29–45.

Fakih, A. (2023). Analisis Nilai Panca Jiwa di Pondok Pesantren Modern dan Kaitannya dengan Nilai Pendidikan Karakter Bangsa. ANWARUL: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(1).

Hasib, K. (2010). Pendidikan Konsep Ta’dib Sebagai Solusi Pendidikan Islam Di Era Global. At-Ta’dib, 5(1), 43–57. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v5i1.583

Khoiriyah, S. H. (2022). Pesantren Sebagai Model Lembaga Pendidikan Berbasis Karakter. Jurnal Inspirasi, 6(1).

Metro, T. (2023). Data Angka Kenakalan Remaja. https://www.youtube.com/watch?v=1Dft1zL9Cus

Misbach, Ghufron, M., Wiryosukarto, A. H., & Effendi, A. F. (1996). Biografi KH Imam Zarkasyi: Dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Gontor Press.

Mitasari, K. (2017). Falsafah panca jiwa dan relevansinya terhadap politik gender di gontor. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mu’minah, N. (2015). Character Building Dalam Konsep Pendidikan Imam Zarkasyi Ditinjau dari Filsafat Moral Ibnu Miskawah. Jurnal Filsafat, 25(1), 100–133.

Redaksi, T. (2022). Wardun: Warta Dunia Pondok Modern Darussalam Gontor. Vol 75.

RI, D. A. (2004). Grand Design Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren. Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren.

Romdoni, L. N., & Malihah, E. (2020). Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al Thariqah, 5(2). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808

Rusn, A. I. (1998). Pemikiran Al Ghazali Tentang Pendidikan (Cetakan 1). Pustaka Pelajar.

Soekanto, S. (2003). Penelitian Hukum Normtif. Raja Grafindo.

Suharto, A. (2015). Menggali Mutiara Perjuangan Gontor (Kumpulan Artikel Value Majalah Gontor) (Burhanuddin & Dzikriyah (eds.)). Namela Grafika.

Suharto, A. (2016). Ayat-Ayat Perjuangan (Komara (ed.); 1st ed.). YOOWO Guru Muslich.

Sulung, U., & Muspawi, M. (2024). Memahami Sumber Data Penelitian: Primer, Sekunder, dan Tersier. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 5(3), 110–116.

Yusuf, A. (2021). Konseptualisasi Model Pendidikan Islam Integratif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Indonesia. Dayah: Journal of Islamic Education, 4(2), 233–254. https://doi.org/10.22373/jie.v4i2.10065

Zainuddin Fananie. (2011). Pedoman Pendidikan Modern (N. L. Munazalah (ed.)). Tinta Medina.

Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Published

2025-03-30

How to Cite

Hasna’ Huwaida, & Putra, D. W. (2025). Panca Jiwa Pondok Modern Ditinjau dari Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al Attas. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 4(2), 205–220. https://doi.org/10.47134/trilogi.v4i2.128

Issue

Section

Articles

Categories