Efektifitas Sistem Absensi Finger Print dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Sekretariat DPRD Buton

Authors

  • Sry Mayunita Universitas Muhammadiyah Buton
  • Siti Hidayatul Jumaah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mataram

DOI:

https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i2.19

Keywords:

Finger Print, Absen, Kedisiplinan, PNS

Abstract

Sistem absensi manual sudah tidak relevan, sebab mudah dimanupalsi dan dianggap tidak ramah lingkungan. Sistem absensi manual juga disebut boros waktu dan biaya, serta menimbulkan pelanggaran terhadap disiplin kinerja pegawai. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya pelanggaran kedisiplinan, maka mulai diterapkannya penggunaan sistem absensi finger print, termasuk di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Buton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan absensi finger print untuk meningkatkan kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil pada Sekretari DPRD Kabupaten Buton. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dilihat dari beberapa indikator yang digunakan untuk menganalisis, yaitu: 1) pemahaman, pegawai sudah memahami dan mampu beradaptasi terhadap penerapan absensi finger print, 2) tepat sasaran, pegawai memahami bahwa absensi fnger print merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan kedisiplinan, 3) tepat waktu, pegawai merasa termotivasi untuk datang tepat waktu, 4) tercapainya tujuan, tingginya angka kedatangan pegawai yang tepat waktu menunjukkan bahwa tujuan penerapan absensi finger print sudah tercapai, dan 5) perubahan nyata, dibuktikan dengan semakin rendahnya jumlah pegawai yang absen baik karena sakit, izin, cuti, dan lain sebagainya. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan absensi finger print di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Buton sudah cukup efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, N. (2013). Perancangan Sistem Informasi Pendukung Laporan Absensi Elektronik BBPPKI Makassar. Penerbit Balai Besar Pengkajian dan Penegmbangan Komunikasi dan Informatika Makassar , 6 (1).

Alda, N. A. (2014). Pengaruh Efektifitas Penerapan Sistem Finger Print (Sidik Jari) terhadap Disiplin Pegawai pada Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Hasibuan, M. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibramsyah. (2013). Efektivitas Penerapan Absensi Finger Print Terhadap Disiplin Kehadiran Pegawai Negeri Sipil (Studi Di Kantor Wilayah Lampung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.

Muchdarsyah, S. (2005). Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslikhun, Hasiolan, L. B., & Fathoni. (2016). Pengaruh Mekanisme Finger Print, Prosedur Finger Print, Pencapaian Target Finger Print terhadap Kedisiplinan Pegawai di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Semarang. Journal of Management , 2 (2).

Nugoroho, E. (2009). Biometrika: Mengenal Sistem Identifikasi Masa Depan. Yogyakarta: Andi Offset.

Risfa, F. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Pegawai Pada Markas Komando Direktorat Pengamanan badan Pengusaha Batam. Journal of Bussiness Administration , 3 (1), 53-63.

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Mayunita, S., & Jumaah, S. H. (2022). Efektifitas Sistem Absensi Finger Print dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Sekretariat DPRD Buton. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 1(2), 98–107. https://doi.org/10.47134/trilogi.v1i2.19

Issue

Section

Articles

Categories